GAYA HIDUP

Lapar Jangan Ditahan-tahan, Ada Bahayanya

Ada alasan mengapa perut Anda berbunyi saat tubuh kekurangan asupan makanan. Itu adalah pertanda dari tubuh yang lapar.

Namun, entah karena kesibukan atau hal lain, orang terkadang mengabaikan peringatan itu. Padahal tubuh yang lapar dapat merugikan bagi mereka yang mengalaminya.

Menurut sebuah studi dari Universitas Gothenburg, Swedia, ada hormon tertentu hormon yang diproduksi ketika seseorang mengalami rasa lapar, yang mana mengganggu rasionalitas dan keputusan yang dibuat.

Dalam penelitan yang melibatkan tikus lab yang disuntikan hormon ghrelin, para tikus menunjukan prilaku yang impulsif. Impulsif sendiri adalah sebuah perbuatan yang dilakukan secara tiba-tiba dan terkadang bersifat tidak rasional.

Perbuatan Impulsif berbeda-beda pada tiap individu, tergantung dengan situasi yang dihadapi seseorang.

Impulsif dapat dibagi dalam dua tipe: impulsif action, dalam kata lain, ketidakmampuan seseorang untuk berhenti melakukan sesuatu dan impulsif choice, ketidakmampuan seseorang untuk menahan rasa gembira.

Meski sebagian orang mampu mengatur prilaku impulsifnya, impulsifitas ternyata sangat berpengaruh terhadap kondisisi seperti, ADHD, OCD, gangguan makan dan penyalahgunaan obat-obatan.

Sebab itu, jangan pernah melakukan sesuatu, khususnya ketika Ada berada pada posisi mengambil keputusan, di saat perut Anda sedang kosong, karena mereka yang lapar seringkali bertindak gegabah dan kerap meninggalkan rasa sesal di hati.(ruf)

The post Lapar Jangan Ditahan-tahan, Ada Bahayanya appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top