KILAS DAERAH

Buntut Kekurangan Air Bersih, Warga Randuares Desak Pemkot Salatiga Buatkan Sumur Bur

KILASJATENG.COM, SALATIGA – Pemuda Pancasila (PP) Kota Salatiga kembali menggelar acara bhakti sosial di Kota Salatiga, Sabtu (6/10).

Kali ini memberikan bantuan air bersih kepada warga di RW 01 Randuares, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.

Sebanyak empat tangki air bersih yang masing-masing berisi 5.000 liter air bersih disalurkan kepada warga.

Ketua IV MPC PP Kota Salatiga, Eko Budi Santoso mengatakan, bahwa PP Kota Salatiga menyalurkan bantuan air bersih ini ke warga Randuares setelah berkali-kali mendapatkan keluhan sulitnya warga mendapatkan air bersih di musim kemarau sekarang ini.

Empat tangki yang tiap tangki berisi 5.000 liter air bersih ini kita salurkan kepada warga RW 01 Randuares.

“Yang mencengangkan kami, dari pengakuan warga bahwa bantuan air bersih dari PP ini adalah yang pertama kalinya diterima warga Randuares sejak mengalami kesulitan mendapatkan air bersih,” kata Eko Budi Santoso disela menunggui warga mengambil air bersih di RT 05 RW 01 Randuares, Kelurahan Kumpulrejo, Sabtu (6/10).

Menurutnya, bantuan air bersih ke Randuares ini tidak asal disalurkan, namun telah melalui survey langsung ke lapangan atas keluhan warga Randuares.

Warga mengaku sejak kemarau tiba, kesultan mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi. Bahkan, untuk mendapatkannya harus mengambil air di sumur yang jauh dari rumahnya dan air yang didapat ternyata tidak layak untuk konsumsi.

“Bantuan air bersih ini sebagai wujud kepedulian dari PP Salatiga dan tidak ada unsur politik didalamnya,” tutur Eko BS didampinggi Nur Hidayati dan Rolies Samudra alias No Lik.

Saat berdialog dengan warga Randuares yang mengantre mendapatkan air bersih, Eko BS didesak warga untuk dapat membantu memecahkan permasalahan akan air bersih ini.
Pasalnya, setiap musim kemarau selalu kekurangan air bersih.

Salah satu desakan warga, agar PP Salatiga membantu menjembatani ke Walikota Salatiga atau Pemerintah Kota Salatiga agar dapat membuatkan sumur bur di Randuares ini.

“Setiap musim kemarau, kami selalu kekurangan air bersih. Air yang kami dapatkan dari Sumur Wali ternyata tidak layak untuk di konsumsi. Sejak musim kemarau tiba sampai sekarang ini, bantuan air bersih dari PP Salatiga ini adalah yang pertama kali warga terima. Sebelumnya, tidak pernah ada bantuan yang datang,” ujar Kusnari, didampiingi beberapa warga yang lain.

Terpisah, Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM menyatakan, pihanya memberikan apresiasi kepada PP Salatiga yang peduli terhadap warga Randuares ini.

Walikota Salatiga juga menyambut baik akan keluhan warga yang mengharapkan Pemerintah Kota Salatiga dapat membuatkan sumur bur di Randuares ini.

“Kami apresiasi langkah PP Salatiga yang tanggap terhadap masalah warga Randuares khususnya masalah kekurangan air bersih ini. Terkait permintaan warga akan disediakan sumur bur, silakan ajukan surat permohonan secara resmi kepada Walikota Salatiga. Dari sini, nantinya akan segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait,” tandas Yuliyanto. (Her)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top