Purbalingga Sinau, Ajak Anak Belajar dan Bermain di Alam

Pemkab Purbalingga / Pemprov Jateng

PURBALINGGA – Hindari kebosanan siswa selama belajar dari rumah, wadah perkumpulan pemuda Purbalingga yang terbentuk beberapa waktu lalu, Jong Purbalingga, menggagas kegiatan Purbalingga Sinau. Hal itu dilakukan dengan memberi edukasi kepada anak-anak usia sekolah di alam terbuka.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mengapresiasi kegiatan anak-anak muda Purbalingga ini. “Kegiatan Purbalingga Sinau ini cukup bagus. Tiga bulan (sekolah dari rumah) ini pasti menimbulkan kejenuhan dan kebosanan bagi anak-anak. Dengan adanya Purbalingga Sinau, tentunya ini menjadi kegiatan positif yang bermanfaat bagi mereka,” ujarnya, di Green Sabun Cipaku, Sabtu (18/7/2020).

Ia berpesan agar kegiatan Purbalingga Sinau tidak hanya dilakukan kali ini saja, tetapi bisa konsisten dan dilaksanakan kembali di desa-desa lain di wilayah Purbalingga.

Ketua Jong Purbalingga, Aris Widianto, mengatakan dalam Purbalingga Sinau anak-anak diajarkan menyanyi lagu Hanacaraka yang dipandu oleh Ani Susiningtias dari Jong Purbalingga. Anak-anak begitu antusias dan bersemangat menyanyikan syair Hanacaraka.

“Untuk yang pertama tadi anak-anak nyanyi bareng lagu Hanacaraka. Hanacaraka ini sebetulnya masuk dalam mata pelajaran di sekolah namun kita ingin mengulas lagi dengan cara yang lebih menyenangkan,” kata Aris.

Selain menyanyikan lagu Hanacaraka, peserta Purbalingga Sinau juga diajak bermain dan dilatih kerjasama tim yang didampingi oleh para anggota Jong Purbalingga. “Selain itu, mereka juga diajak untuk menangkap belut bersama-sama,”pungkasnya.(pemkabpurbalingga/pemprovjateng)

Redaksi:
Related Post