Taspen Smartcard, Cara Praktis Ambil Pensiun

Pemprov jateng

BATANG – Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) makin dimudahkan untuk mengambil uang pensiunan mereka. Cukup berbekal Taspen Smartcard, para mantan abdi negara tersebut dapat menarik uang tunai melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dan tak perlu lagi harus mengantre lama di bank yang ditunjuk.

“Kartu ini mirip dengan ATM jadi bisa digunakan di mana pun para pensiunan berada, tanpa harus repot-repot mengantre,” kata Kepala Bidang Kepesertaan PT Taspen Cabang Pekalongan, Hasni Tarodji, saat ditemui di kantornya, Selasa (7/7/2020).

Lebih lanjut, Hasni menerangkan, kartu hasil kolaborasi PT Taspen dengan Bank Jateng tersebut dapat dicetak di semua bank pemerintah yang menjadi mitra PT Taspen. Dengan Taspen Smartcard, pengambilan uang pensiun bisa diwakilkan kepada ahli waris asalkan si pemegang kartu telah melakukan otentikasi identitas. Otentikasi tersebut akan disimpan sebagai informasi digital dalam Taspen Smartcard.

“Proses otentikasi yang harus dilakukan menggunakan sidik jari, suara dan wajah. Untuk melakukannya cukup mudah karena dapat diunduh melalui playstore yaitu Otentikasi Taspen,” terangnya.

Hasni berharap, Taspen Smartcard akan mempermudah semua pihak terkait dengan kepesertaan Taspen, termasuk pihak perbankan dalam memantau perkembangan peserta pensiun.

“Untuk PT Taspen sendiri bisa memantau apakah pensiunan itu masih hidup atau tidak,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemasaran Bank Jateng Cabang Batang, Muhammad Dahroji mengatakan, pihaknya bersama PT Taspen telah menerbitkan Taspen Smartcard, sebagai wujud pengabdian kepada para pensiunan agar semakin mudah dalam memperoleh pelayanan.

“Taspen Smartcard juga sebagai tanda kartu identitas karena terdapat data-data lengkap para peserta pensiunan. Hingga saat ini sudah mencapai 1000 kartu yang telah dibagikan oleh Bank Jateng untuk wilayah Kabupaten Batang,” katanya.

Salah satu pensiunan, Mujinah, mengutarakan, selama ini dirinya harus rela mengantre di bank untuk mengambil uang pensiun melalui buku tabungan.

“Sekarang sudah ada Taspen Smartcard, jadi lebih cepat mengambil uang pensiun dan tidak perlu mengantre lama,” ujarnya.(pemprovjateng)

Redaksi:
Related Post