KILAS DAERAH

Sampai Mei 2020, Baznas Banjarnegata Himpun Lebih dari Rp4,7 M

BANJARNEGARA – Terhitung sampai dengan Mei 2020, jumlah dana zakat dan sedekah yang dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjarnegara mencapai Rp4.744.880.769. Lebih dari separuhnya telah disalurkan untuk penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Banjarnegara.

Ketua Baznas Kabupaten Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo, mengungkapkan, dana miliaran rupiah tersebut berasal dari para mustahik, dan iuran ASN Kabupaten Banjarnegara. Jumlah dana yang telah didistribusikan untuk penanganan pandemi virus Corona mencapai angka Rp2.726.055.715.

“Sudah lima kali Baznas menyalurkan bantuan untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, yakni sejak Februari, Maret, April, Mei, dan bulan Juni ini,” imbuh Sutedjo, saat penyerahan bantuan secara simbolis kepada warga Banjarnegara, di Pringgitan Pendapa Dipayuda Adigraha, Senin (22/6/2020).

Pada kesempatan tersebut, bersama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Banjarnegara, Baznas menyalurkan bantuan berupa 5.080 paket sembako senilai Rp100 ribu. Sebanyak 4.580 paket di antaranya berasal dari dana Baznas senilai Rp458 juta. Setiap paket berisi lima kilogram beras, satu kilogram minyak, teh, gula pasir, dan mi instan.

Ribuan paket tersebut didistribusikan secara berkelompok kepada masyarakat di lima kecamatan, yakni Sigaluh, Madukara, Mandiraja, Pagedongan, dan Banjarnegara.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengapresiasi bantuan tersebut. Budhi berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban warganya.

“Semoga bantuan ini bisa langsung disalurkan dan dapat dipergunakan dengan baik, untuk meringankan beban masyarakat,” katanya.

Bupati Budhi menyambut baik kiprah Baznas dan IPHI yang telah banyak membantu pengentasan kemiskinan di Banjarnegara.

“Baz juga membantu pemugaran RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 200 unit senilai Rp2 miliar. Tak lupa juga kepada IPHI yang telah peduli, kami mengucapkan terima kasih,” kata Bupati Budhi.

Budhi juga menyampaikan selamat atas keberhasilan Baznas Kabupaten Banjarnegara menjadi tujuh besar dalam Baznas Award Tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan peringkat ke-2 dalam Audit Syariah Pengelolaan Zakat se-Jawa Tengah tahun lalu.

Guna meningkatkan capaian dana Baznas, Budi menginstruksikan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD di wilayahnya yang telah mengusulkan penerima zakat produktif untuk mendampingi para mustahik saat pemantauan terhadap pemanfaatan dana zakat tersebut.(pemkabbanjarnegara/pemprovjateng)

Loading...

BERITA POPULER

To Top