KILAS DAERAH

14 Penyandang Disabilitas Purbalingga Terima Bantuan

PURBALINGGA – Sebanyak 14 orang penyandang disabilitas, khususnya Orang Dengan Kecacatan Berat (ODKB), se-Kecamatan Bojongsari menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Bantuan berupa uang tunai senilai Rp1,8 juta per orang tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, di pendopo Kecamatan Bojongsari, Minggu (21/6/2020).

Kepala Dinsosdalduk dan KBP3A Kabupaten Purbalingga, Raditya Widayaka, mengatakan, santunan senilai Rp25.200.000 tersebut dialokasikan dari APBD II Kabupaten Purbalingga Tahun Anggaran 2020.

“Hari ini dicairkan dana bantuan sosial untuk bulan Januari sampai Juni, sehingga setiap ODKB menerima bantuan sosial sebesar Rp1,8 juta,” jelas Raditya.

Dijelaskan, para penerima manfaat bantuan masing-masing satu orang dari Desa Bojongsari, Pagedangan, dan Gembong. Kemudian masing-masing dua orang dari Desa Patemon, Metenggeng, Kajongan dan Pekalongan, serta tiga orang dari Desa Banjaran.

Dua di antara 14 orang penerima bansos tersebut adalah Meiza fadillah, dan Jefri Januari. Keduanya merupakan anak dari Nasimin (50), warga RT 6 RW 3 Desa Banjaran yang sehari-hari bekerja sebagai penambang batu kali di Sungai Klawing, kompleks Bendung Slinga.

Menurut Nasimin, lima dari enam anaknya merupakan ODKB. Saat ini, tinggal tiga anaknya yang masih hidup, dua di antaranya menderita cacat berat, dan satu orang normal.

“Kata dokter, kecacatan bawaan dari kandungan, akibat permasalahan indung telur,” ungkapnya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, saat menyerahkan bantuan di rumah Nasimin berpesan kepada pria itu untuk merawat anak-anaknya dengan ikhlas. Orang tua bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan anak.

“Anak merupakan titipan yang harus kita syukuri. Semoga bapak-ibu kuat, senantiasa diberikan kesehatan untuk dapat mendampingi anak-anaknya, untuk nantinya insyaallah dapat menjadi anak-anak yang saleh,” kata Tiwi.(pemkabpurbalingga/pemprovjateng)

Loading...

BERITA POPULER

To Top