KILAS PANTURA

Layanan Antar Pangan Gratis bagi Warga yang Membutuhkan

BATANG – Penanganan Pandemi Covid-19, dan dampaknya akan berjalan baik jika dilakukan tidak hanya oleh pemerintah, tetapi juga didukung penuh oleh seluruh komponen masyarakat. Untuk itu, perlu adanya kesadaran kolektif warga.

Demikian diungkapkan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batang, Ulul Azmi, pada peluncuran program Jateng Careline, di Rumah Makan Pitulasan Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jumat (12/6/2020).

“Saya berpikiran positif penanganan pandemi di Kabupaten Batang akan berjalan lancar karena warganya yang memiliki kesadaran. Relawan bersama Pemkab Batang harus bahu-membahu melawan (virus) Corona, sehingga pandemi ini cepat berakhir,” ujar Azmi.

Azmi juga berterima kasih kepada Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah yang telah menginisiasi program Jateng Careline, sebuah layanan antar pangan gratis bagi warga yang membutuhkan. Menurutnya, peran aktif relawan MRI ACT Batang sangat positif, dan dapat menginspirasi pihak lain untuk terjun membantu masyarakat membantu sesuai kemampuannya.

Azmi pun menyampaikan apresiasinya terhadap relawan ACT Batang yang telah membantu proses pemakaman jenazah positif Covid-19 beberapa waktu lalu. Pihaknya juga memberikan dukungan terhadap para relawan dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD), vitamin, dan rapid test.

“Alhamdulillah setelah dites, 33 (orang) relawan semuanya negatif (virus) Corona,” sanjungnya.

Branch Manajer MRI ACT Jawa Tengah, Gianto, mengatakan, program Jateng Careline yang ini berawal dari kegiatan operasi pangan kepada warga di wilayah Jawa Tengah yang sangat membutuhkan bantuan. Dengan adanya program tersebut, Gianto berharap nantinya tidak ada lagi warga yang kekurangan pangan, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

“Program itu bertransformasi menjadi layanan Jateng Careline, agar warga terdampak Covid-19 mudah memperoleh bantuan pangan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MRI ACT Batang, Ridwan Subarkah mengemukakan, warga yang membutuhkan bantuan pangan dapat menghubungi pusat layanan Jateng Careline melalui aplikasi pesan whatsapp di nomor 0877 1444 0300.

Selanjutnya, akan ada tim verifikasi yang datang untuk memastikan bahwa warga tersebut benar-benar membutuhkan, dan tidak mampu menyediakan pangan. Berdasarkan konfirmasi langsung tersebut, tim memutuskan bantuan apa yang akan diberikan.

“Dalam waktu 2×24 jam tim akan segera datang memberikan bantuannya untuk keluarga yang sangat membutuhkan. Misalnya bantuan yang diberikan beras lima kilogram, tapi jika memang dalam satu keluarga membutuhkan (bantuan) lebih dari itu bisa saja diberikan,” jelasnya.

Ditambahkan, khusus di wilayah Batang, ada warga di beberapa kecamatan yang sangat membutuhkan perhatian pihak lain, yakni di Kecamatan Batang Kota, Bandar dan Limpung.

“Masyarakat di ketiga wilayah itu sangat menggantungkan kehidupan sehari-harinya dari kegiatan perekonomian. Sementara saat ini perekonomian belum begitu pulih, maka masyarakat seperti mereka pasti sangat membutuhkan bantuan,” paparnya.(pemkabbatang/pemprovjateng)

Loading...

BERITA POPULER

To Top