Atasi Rob, Sungai Loji Akan Dipasangi Pintu Air dan Pompa

Pemkot Pekalongan / Pemprov Jateng

KOTA PEKALONGAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi musibah banjir rob di wilayahnya. Selain perbaikan darurat pada beberapa tanggul yang jebol, pemasangan pintu air dan pompa juga segera dilakukan. Salah satunya, penanganan Sungai Loji yang sering mengalami limpasan rob.

Hal ini diungkapkan Kepala DPUPR Kota Pekalongan, Nur Priyantomo di Slamaran, Rabu (10/6/2020).

“Ini akan cepat kita kerjakan karena perediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) pada bulan Juni ini masih tinggi gelombangnya. Kita akan kebut, minimal mengurangi genangan di Slamaran,” papar Nur.

Ditambahkan, pintu air akan dipasang sebagai langkah mengatasi limpasan air Sungai Loji di kawasan Jalan Patiunus. Sementara untuk mengurangi genangan air di Jalan Semarang, Jalan Surabaya, dan sekitarnya, DPUPR akan melakukan pengadaan satu unit pompa yang cukup besar dengan kapasitas 500 liter per detik.

“Mudah-mudahan ini dapat mengatasi limpasan di Sungai Loji dan mengurangi air genangan di Jalan Semarang dan Jalan Surabaya,” pungkas Nur.

Nur Priyantomo menambahkan, sebagai langkah pencegahan limpasan rob, pihaknya berencana membangun tanggul darurat di 10 titik, yakni di daerah Degayu, Pabean, Panjang Wetan, Pasirkratonkramat, Randujajar, Kali Sibulanan Slamaran, Slamaran Barat sisi Dermaga Loji, Tirto Meduri, Tirto Bremi, dan Krapyak.(pemkotpekalongan/pemprovjateng)

Redaksi:
Related Post