RSUD M Ashari Pemalang Layani Tes Swab Mandiri

Pemkab Pemalang / Pemprov Jateng

PEMALANG – Laboratorium RSUD M Ashari kini bisa melayani pemeriksaan swab mandiri tanpa harus mengirimkan hasil ke laboratorium di luar kota. Sebab, laboratorium ini sudah ditunjuk sebagai laboratorium rujukan pemeriksaan swab Covid-19 oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang, Junaedi, mengatakan sejak ditetapkan pada 26 Mei 2020, RSUD M Ashari bisa melakukan pemeriksaan swab mandiri.

“Dengan pemeriksaan Covid-19 secara mandiri, kita tidak perlu lagi mengirimkan sempel swab ke laboratorium yang ditunjuk di luar kota” kata Junaedi saat konferensi pers di posko Gugus Tugas, Kamis malam (28/5/2020).

Junaedi menceritakan, berbagai hal telah dilakukan untuk dapat menjadi laboratorium rujukan pemeriksaan Covid-19. Di antaranya, pembaruan komponen laboratorium, penyiapan dan pelatihan penyiapan SDM dokter spesialis dan analis, peningkatan kapasitas peralatan, dan penyediaan reagen atau cartridge.

“Metode pemeriksaan dilaksanakan dengan deteksi informasi genetik dan tes cepat molekuler,” terangnya.

Selain itu, berbagai upaya untuk percepatan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Pemalang telah banyak dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, di antaranya, pemberlakuan jam malam dengan menghentikan aktivitas di luar rumah pada pukul 21.00–04.00 WIB.

“Pemberlakuan jam malam dimulai pada 27 Mei, dan rencananya berakhir sampai 9 Juni,” terang Junaedi.

Sejak diterapkan, kepatuhan masyarakat sudah cukup baik. Hal ini ditunjukkan dari laporan Tim Gugus Tugas yang berjaga di Pos Penanggulangan Covid-19 di Pemalang.

“Dari berbagai laporan melalui WA saya, Alhamdulillah masyarakat sudah cukup patuh dalam melaksanakan aturan jam malam, dan laporan dari berbagai titik pos penanggulangan Covid- 19, cukup efektif dan berjalan dengan baik” pungkas Junaedi.(pemkabpemalang/pemprovjateng)

Redaksi:
Related Post