KILAS PANTURA

Dinyatakan Sembuh, 7 Pasien Klaster Gowa Dipulangkan

BREBES – Kabar gembira datang dari Brebes. Sebanyak tujuh orang pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, setelah dua kali tes swab mereka menunjukkan hasil negatif.

Ketujuh orang yang telah dinyatakan sembuh tersebut merupakan bagian dari klaster itijma Gowa. Dari tujuh orang ini, lima orang berasal dari Kecamatan Bantarkawung, satu orang dari Bumiayu, dan seorang lagi berasal dari Paguyangan. Mereka menjalani proses perawatan terisolasi di Islamic Center Brebes, dan RSUD Brebes.

Yayan salah seorang pasien mengaku bersyukur telah sembuh dari Covid-19 setelah menjalani perawatan dan isolasi selama 24 hari. Menurutnya, kejadian tersebut mengandung hikmah, yakni upaya melawan virus Corona harus dilakukan bersama-sama. Sebab, belum tentu orang yang terlihat sehat tidak membawa virus dalam tubuhnya. Seperti, dirinya dan beberapa rekan yang nampak sehat namun ternyata berdasarkan pemeriksaan tim medis dinyatakan positif Covid-19.

“Adanya deteksi ini, kami sangat berterimakasih kepada tim medis dan Pemkab Brebes. Adanya kejadian ini, bisa menjadi contoh bagi masyarakat di Brebes untuk menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat, dengan mengikuti arahan pemerintah,” papar Yayan.

Dia juga mengajak teman-temanya yang hadir dalam kegiatan di Gowa, namun belum terdeteksi, agar melaporkan diri ke tim gugus tugas wilayah terdekat. Pemkab akan segera memfasilitasi pemeriksaan kesehatan yang diperlukan.

“Sekarang sudah tidak ada intimidasi lagi. Silakan tinggal menghubungi pemerintah agar bisa di-rapid test atau mengikuti protokoler kesehatan,” ujarnya.

Yayan beserta enam orang pasien lainnya dilepas langsung oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti, di Islamic Center Brebes, Sabtu (16/5/2020). Mereka pun diperbolehkan kembali kepada keluarga masing-masing.

Bupati Idza mengungkapkan, sebelumnya, satu pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Bumiayu juga dinyatakan sembuh. Satu pasien sembuh ini berasal dari klaster pemudik. Sehingga, sampai saat ini sudah ada sebanyak delapan pasien positif yang sembuh.

“Alhamdulillah, hari ini ada tujuh pasien positif Covid yang sembuh, dan kami antar pulang ke rumah masing-masing. Diharapkan, 17 pasien positif lainnya bisa segera sembuh,” ungkap

Idza yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes berharap, ketujuh orang mantan pasien tersebut dapat kembali beraktivitas. Masyarakat pun bisa memahami protokol kesehatan, serta menerima mereka kembali tanpa prasangka buruk.

Idza juga menyampaikan terima kasihnya kepada tim medis, TNI, Polri, dan seluruh jajaran gugus tugas yang selama ini telah bekerja keras, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Brebes.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes Sartono mengatakan, ketujuh pasien yang dinyatakan sembuh tersebut sebelumnya telah menjalani tiga kali uji swab. Hasil tes kedua dan ketiga dinyatakan negatif virus Corona.

“Setelah hasil swab dinyatakan negatif, ketujuhnya dinyatakan sembuh, maka sudah diperbolehkan pulang,” jelasnya.

Sekadar informasi, total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 Brebes sebanyak 25 orang. Jumlah tersebut tersebar di Kecamatan Bantarkawung 23 orang, serta Kecamatan Bumiayu dan Paguyangan masing-masing satu orang.(pemkabbrebes/pemprovjateng)

Loading...

BERITA POPULER

To Top