KILAS PANTURA

Antisipasi Penyebaran Hoaks, Pati Bentuk Tim Terpadu

PATI – Maraknya isu hoaks, terutama menyangkut virus Corona (Covid-19) yang meresahkan masyarakat, membuat Pemerintah Kabupaten Pati membuat tim terpadu. Tim yang terdiri dari Dinas Kominfo dengan Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Pati tersebut salah satunya bertugas mengcounter isu hoaks, khususnya isu lokal.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati Indriyanto pada Temu Online Berbagi Cerita Dinas Kominfo mengenai penanganan berita hoaks dan respon cepat Dinas Kominfo, di Aula Dinas Kominfo Kabupaten Pati, Kamis (30/4/2020). Ditambahkan, pihaknya terus berupaya meliterasi masyarakat agar lebih mengerti dan tidak begitu saja mempercayai hoaks. Termasuk, menyediakan web khusus sebagai acuan literasi masyarakat.

“Untuk penanganan Covid-19 ada web khusus, Beberapa yang sifatnya pencegahan seperti literasi media, literasi masyarakat sudah dilakukan. Tugas Kominfo mengomunikasikan program-program pembangunan pusat , provinsi, maupun daerah,” jelasnya.

Ditambahkan, salah satu contoh isu yang di-counter oleh tim terpadu adalah adanya kebijakan mudik yang katanya dikeluarkan Dishub. Namun setelah dikonfirmasi ternyata tidak benar.

“Untuk ke depanya akan dimaksimalkan framing media khususnya media sosial,” imbuhnya.

Mengatasi hoaks juga menjadi fokus Kementerian Kominfo RI. Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI Antonius Malau menyampaikan, upaya yang diambil Kemenkominfo dalam mengatasi hoaks, di antaranya adalah dengan melakukan literasi digital dengan Gerakan Nasional Siberkreasi, Patroli Siber Tim AIS Kominfo. Penanganan aduan isu hoks dilakukan oleh Tim AIS Kominfo. Sedangkan kerja sama penegakan hukum bagi pembuat dan penyebar isu hoaks, dilakukan dengan menggandeng Direktorat Siber Bareskrim Mabes Polri, dan pengajuan blokir/takedown konten isu hoaks ke platform media sosial.(pemkabpati/pemprovjateng)

Loading...

BERITA POPULER

To Top