KILAS PANTURA

Warga Bisa Gunakan Masker Kain

DEMAK – Dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona, Pemerintah Kabupaten Demak mengimbau kepada semua masyarakat Demak untuk menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Singgih Setyono menjelaskan, sesuai rekomendasi dari WHO dan anjuran dari pemerintah pusat, semua elemen masyarakat harus menggunakan masker meski tidak sedang sakit. Karena, penyebaran virus Corona tanpa gejala merupakan kasus terbanyak. Dengan menggunakan masker, masyarakat bisa mencegah penularan virus ini.

“Pasalnya, kita tidak mengetahui siapa yang terinfeksi virus corona, karena orang tanpa gejala juga bisa menjadi pembawa virus Corona,” ungkap Singgih saat memimpin apel pagi di halaman Kantor Setda Kabupaten Demak, Senin (6/4/2020).

Menurutnya, masyarakat dapat memakai masker kain karena lebih efektif dan bisa dibuat sendiri di rumah.

“Masyarakat dapat membuat masker sendiri dari kain bersih, bisa dijahit manual atau menggunakan mesin. Cara membuatnya bisa disesuaikan dengan wajah dan harus menutupi hidung hingga dagu serta tidak longgar. Dan jangan lupa masker kain harus dicuci dengan sabun,” jelasnya.

Singgih juga mengingatkan para peserta apel untuk menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah, mulut, hidung, apabila tangan tidak bersih. Tetap jaga jarak saat berada di keramaian, minimal satu sampai dua meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya tetap tinggal di rumah.

“Jaga jarak sosial di dalam berkomunikasi, ini sudah bukan merupakan sebuah imbauan lagi, tapi ini sudah dimaknai sebagai suatu perintah yang harus kita laksanakan bersama-sama,” tegasnya.(pemkabdemak/pemprovjateng)

Loading...

BERITA POPULER

To Top