KILAS PANTURA

TNI/ Polri pun Terlibat Awasi ODP

DEMAK – Instruksi untuk mendata dan mengawasi pemudik, tak hanya dilakukan oleh perangkat desa. Aparat TNI dan Polri pun ikut melakukan pemantauan pemudik yang ditetapkan menjadi orang dalam pengawasan (ODP).

Seperti yang dilakukan di Desa Tlogorejo, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Kamis (2/4/2020). Perangkat Desa Tlogorejo mengunjungi rumah salah satu warga yang baru pulang mudik dari Kalimantan Barat, didampingi anggota Koramil dan Polsek Karangawen. Mereka mendata, keberadaan orang itu dan melakukan pemantauan.

Anggota Koramil Karangawen Sertu Bambang menyampaikan, pihaknya bersama aparat Polri berupaya sigap membantu aparat desa. Namun, semua itu mesti diimbangi dengan tindakan kooperatif warga pemudik untuk mengawasi sekitar dan melapor jika ada pemudik atau tamu yang datang.

“Kami lakukan pengecekan ini guna memastikan kesehatan warga yang baru tiba dari luar daerah atau luar negeri, sebab langkah ini untuk menentukan status mereka sehat atau kurang sehat, khususnya di masa pandemi Covid-19, apakah terpapar virus tidak,” jelasnya.

Menurutya, pendataan dan pemantauan sangat penting dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona, apabila ada masyarakat yang baru tiba dari luar daerah dapat dilakukan pemantauan dan dianjurkan mengisolasi mandiri selama 14 hari di rumah.

“Bagi warga yang baru datang harap segera melapor kepada perangkat desa setempat ataupun Babinsa agar segera dilakukan tes kesehatan oleh tim medis,” katanya.(pemkabdemak/pemprovjateng)

Loading...

BERITA POPULER

To Top