KILAS DAERAH

Peringatan Hari Jadi Dibatalkan, Doa Jadi Pengganti

CILACAP – Puncak acara peringatan Hari Jadi ke-194 Kabupaten Cilacap yang seharusnya digelar Sabtu (21/3/2020) kemarin, terpaksa dibatalkan demi mengantisipasi penyebaran virus korona. Beberapa acara pun ditunda pelaksanaannya, termasuk konser penyanyi Didi Kempot. Sebagai gantinya, Bupati Cilacap meminta warganya untuk mendoakan kesejahteraan wilayah yang terkenal dengan julukan Kota Bercahaya tersebut.

“Di ulang tahun kali ini tidak ada perayaan, tapi ada doa untuk Cilacap. Mari berdoa dari rumah masing-masing, dari kantor untuk Cilacap. Semoga Cilacap semakin sejahtera semakin merata, Bangga Mbangun Desa terus berjalan,” pesan Bupati Tatto Suwarto Pamuji saat ditemui di rumah dinasnya Jumat(20/3/2020) sore.

Ditambahkan, dengan potensi yang dimiliki Cilacap, Tatto optimis Cilacap akan menjadi daerah yang maju. Tidak ada lagi anak-anak di Cilacap yang terpaksa putus sekolah, serta tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa berobat saat sakit karena keterbatasan biaya.

“Mari kita bangun Cilacap, sumbangkan apa yang kita bisa untuk Cilacap. Semoga Cilacap maju, sejahtera secara merata,” katanya.

Bupati Tatto juga meminta warganya selalu waspada, menjaga diri dan keluarganya, serta menerapkan pembatasan fisik untuk meminimalisasi penularan Covid-19.

“Untuk sementara waktu tidak usah bersalaman, peluk-pelukan, cukup senyum saja, dan selalu jaga kesehatan, jaga keluarga, jaga anak-anak dengan tetap di rumah.
Kepada anak-anak sekolah untuk tetap belajar di rumah, ASN tetap melayani masyarakat, meski ada pengurangan interaksi dengan masyarakat,” ujar bupati.

Masyarakat, beber Tatto, masih diperbolehkan ibadah di tempat ibadah, namun tidak semua. Kebijakan tersebut hanya diperuntukkan bagi warga yang sehat. Apabila ada warga yang merasa kurang sehat, dan khawatir akan penularan virus corona, maka mereka diminta untuk beribadah di dalam rumah masing-masing.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan HUT ke-164 Kabupaten Cilacap yang ditunda, antara lain santunan anak yatim piatu, donor darah, sosialisasi kebencanaan, parade seni budaya, jalan sehat, khitan massal, wayang kulit, pengajian akbar, dan panggung hiburan Didi Kempot. Sedangkan, acara yang yang dibatalkan adalah Sema’an dan Khataman Al Quran, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, ziarah ke Makam Mantan Bupati Cilacap, doa bersama dan tasyakuran, upacara peringatan Hari Jadi, rapat paripurna istimewa DPRD, prosesi dan kirab lambang Daerah. (pemkabcilacap/pemprovjateng)

Loading...

BERITA POPULER

To Top