KILAS PANTURA

Jelang Penutupan Lokalisasi GBL, Dinsos Kendal Mulai Data Penghuni

KILASJATENG.COM, KENDAL – Langkah awal sebelum dilakukan penutupan lokalisasi Gambilangu (GBL), Dinas Sosial Kabupaten Kendal mulai melakukan pendataan terhadap penghuni lokalisasi GBL di Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Rabu (7/11).

Dalam pendataan yang dilakukan sebagai bagian persiapan rencana penutupan lokalisasi yang ditargetkan di tahun 2019, petugas Satpol PP, anggota TNI dan Polri serta dibantu perangkat desa setempat turut membantu dalam mendampingi petugas dari Dinas Sosial Kabupaten Kendal.

Kasi Anak, Keluarga dan Lansia Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Wahyudi mengatakan, sesuai data sementara dari pihak Resos Gambilangu wilayah Kendal jumlah penghuni sekitar 200 orang.

“Pendataan dilakukan untuk mengetahui jumlah penghuni secara pasti terkait dengan pembinaan dan pemberiaan pelatihan keterampilan. Tujuannya setelah penutupan lokalisasi nanti, mereka bisa alih profesi dengan bekal keterampilan yang dimiliki,” ucapnya.

Wahyudi mengungkapkan, sebelumnya telah dilakukan kegiatan pra penutupan dengan mengadakan pelatihan keterampilan membuat roti yang diikuti 40 orang pada tanggal 27 September hingga 3 Oktober 2018.

Tiap peserta jug diberi seperangkat peralatan pembuat roti. Bagi peserta yang benar-benar membuka usaha akan diberi reward bantuan modal. “Pelatihan itu merupakan program Kemensos, sedangkan Dinsos Kendal hanya pelaksana,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Satpolkar Kabupaten Kendal, M Fathurahman menuturkan, pada kegiatan pendataan ini pihak Satpol hanya mendampingi petugas Dinas Sosial. Namun, sesuai dengan Perda Nomor 10 tahun 2008 tentang Penanggulangan Pelacuran, pihak Satpol memiliki kewenangan untuk menegakkan Perda tersebut.

“Untuk pelaksanaan penutupannya melibatkan tim gabungan sesuai dengan Perbup,” ujarnya. (Gus)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top