GAYA HIDUP

Studi Terbaru Menunjukan, Minyak Lavender dan Tea Tree Picu Pertumbuhan Payudara pada Pria

Sebuah studi terbaru menunjukan penggunaan bahwa produk berbahan Lavender dan tea tree dapat menyebabkan pembentukan gynecomastia atau payudara pada pria.

Kedua jenis minyak yang biasa ditemukan pada beberapa jenis sabun mandi, sampo, lotion, cologne hingga detergen ini diklaim oleh peneliti mengandung kimia yang bersifat gender-bending dan memiliki efek yang mirip dengan hormon wanita, estrogen.

Menurut hasil laboratorium dari peneliti di North Carolina ini juga menunjukan bawa senyawa kimia ini dapat mempengaruhi kerja hormon testosterone yang penting bagi pria.

Kaitan antara penggunaan lavender dan tea tree oil dengan pertumbuhan jaringan dada yang abnormal ini sendiri sudah sejak lama dicurigai. Bahkan studi-studi pendahulu menunjukan bahwa molekuk kunci dari minyak yang berasal dari tumbuhan ini bertindak sebagai endocrine-disrupting chemicalsatay disingkat EDCs.

Temuan baru ini ditambahkan dan dipresentasikan pada ENDO 2018 di Chicago baru-baru ini.

“Produk-produk ini mengandung besaran kimia yang berbeda-beda dan harus digunakan secara seksama, karena beberap jenis kimia ini adalah endocrine disruptor yang potensial,” kata lead author studi Dr. Jeffrey Ramsey dari National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS), menambahkan bahwa lavender dan tea tree oil telah dikaitkan dengan laporan kasus yang mereka terima berkaitan dengan pertumbuhan payudara pada pria.

Dan berdasarkan temuan lain yang berhasil mereka kumpulkan terkait dengan essential oil, Dr Ramsey mengatakan bahwa perubahan ini terbilang konsisten dengan endogen atau kondisi hormonal yang dapat menstimulasi gynecomastia pada anak laki-laki di masa prapubertas.

Ramsey juga menyarankan kepada publik untuk sadar akan temuan ini dan berpikir-masak-masak sebelum menggunakan essential oil, karena studi yang ia kepalai ini juga berhasil menemukan keberadaan senyawa kimia sejenis pada setidaknya 65 jenis essensial oil yang beredar bebas di pasaran dengan karakterisitik yang mirip.(ruf)

Sumber: DailyMail.co.uk

The post Studi Terbaru Menunjukan, Minyak Lavender dan Tea Tree Picu Pertumbuhan Payudara pada Pria appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...

BERITA POPULER

To Top