RAGAM

Firman Soebagyo: Dari 800 Jenis Narkotika Di Dunia, 71 Beredar Di Indonesia

Jakarta, liputan.co.id – Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Firman Soebagyo menyatakan pada awal 2018 ini Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap ada sekitar 800 jenis narkoba yang beredar di dunia.

Dari 800 jenis tersebut, BNN menurut Firman mendeteksi sekitar 71 jenis narkoba itu sudah masuk ke Indonesia.

“Sedangkan dalam Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika baru mengatur 16 jenis narkotika,” kata Firman, di Media Center Parlemen, gedung Nusantara III, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Fakta yang lebih mengkhawatirkan lanjut politikus Partai Golkar itu, modus masuknya barang haram itu melalui Malaysia dengan kawasan tujuannya sejumlah pulau yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

“Dulu kawasan kepulauan Riau itu hanya dipakai untuk transit saja menuju Filipina. Sekarang justru menjadi Indonesia sebagai wilayah pemasaran utama,” tegas Firman.

Beralihnya para bandar narkotika dari Filipina ke Indonesia kata Firman, efek dari tindakan tegas dari pemerintahan Filipina memerangi narkotika.

“Bahkan, permen pun mengandung narkoba. Ini sudah mengarah kepada pembunuhan terhadap generasi muda Indonesia,” ujar dia.

Menyikapi tren baru peredaran narkoba dan sasaran yang mereka pilih kata Firman, DPR sangat konsen agar UU Narkotika segera direvisi.

“Tapi akhir-akhir ini pemerintah justru menyatakan belum siap merevisi Undang-Undang Narkotika tersebut. Padahal awal Pemerintah yang mengambil keputusan untuk jadi inisiator revisi Undang-Undang Narkotika itu,” pungkasnya.

The post Firman Soebagyo: Dari 800 Jenis Narkotika Di Dunia, 71 Beredar Di Indonesia appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...

BERITA POPULER

To Top