KILAS SEMARANG

District Manager Sriwijaya Air Semarang: Masih Boleh Bawa Powerbank di Pesawat, tapi Harus Memperhatikan Dayanya

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan baru-baru ini mengeluarkan aturan mengenai pengisi daya portabel atau powerbank.

Masyakarat yang hendak membawa powerbank pada saat naik pesawat terbang harus memperhatikan dayanya. Sebab, hanya powerbank berkapasitas maksimal 20.000 mAh atau tak lebih dari 100 watt per hour dengan voltase 5 volt yang diizinkan untuk dibawa.

Selain itu, para penumpang hanya diperbolehkan membawa maksimal 2 unit powerbank dan tidak boleh digunakan selama penerbangan. Bila penumpang membawa lebih dari ketentuan, wajib melaporkan kepada petugas untuk mendapatkan persetujuan.

Dikeluarkannya aturan tersebut berkaitan dengan peristiwa yang baru-baru ini terjadi di China. Sebuah ledakan terjadi di kabin pesawat China Southern Airlines saat hendak lepas landas dari Bandara Internasional Baiyun Guangzhou.

Ledakan diduga berasal dari powerbank yang dibawa penumpang pesawat dan menyebabkan beberapa bagian pesawat dilalap api.

District Manager Sriwijaya Air Group Semarang, Budi Sasongko mengatakan, para penumpang masih diperbolehkan membawa powerbank, hanya saja memang dilihat dari daya powerbank tersebut.

“Masih boleh bawa kok, untuk konsumsi pribadi sih cukup. Nggak perlu kapasitasnya yang besar (maksimal 20.000 mAH),” ujar Budi Sasongko di Semarang, Rabu (14/3).

Menurutnya, pihaknya mendukung aturan ini sebagai tindakan preventif. “Ya, ini cukup efektif. Sebagai upaya tindakan preventif, kita harus support. Karena tidak hanya melarang, tetapi ada solusi yang ditawarkan,” tuturnya.

Dia berharap, dengan adanya aturan baru ini, grade keselamatan bertambah meningkat. “Terbang menjadi lebih nyaman, jauh dari rasa was-was,” kata Budi.

Sebagaimana diketahui, powerbank kini merupakan perangkat yang lumrah untuk dibawa ke mana saja. Pasalnya perangkat tersebut sangat berguna di kala daya baterai ponsel atau gadget lain habis sementara ada hal penting yang harus diurus.

Selain itu, orang-orang yang senang bepergian dan membagikan cerita mereka di media sosial juga biasanya membawa powerbank agar ‘tidak basi’ jika daya baterai ponselnya habis. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top