RAGAM

INGAT! Tenaga Kerja Asing Hanya Boleh di Level Ini

Jakarta, liputan.co.id – Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani menyatakan penyerapan Tenaga Kerja Asing (TKA) hanya diperbolehkan pada level manajerial.

Kalau yang bersangkutan menolak ujar Irma, maka TKA itu harus memiliki kualitas yang bisa memberikan transfer ilmu kepada tenaga kerja lokal Indonesia.

“Harus dilihat regulasinya. Merujuk perjanjian MEA itu sudah jelas ada sekitar tujuh sektor. Kemudian, sudah dijelaskan oleh Presiden Joko Widodo bahwa levelnya di atas manager, di luar itu tentu tidak bisa,” kata Irma, merespon dihapusnya aturan masuk TKA di sektor usaha migas, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (5/3/2018).

Kementerian Tenaga Kerja selaku filter dari masuknya TKA ujar Irma, harus melalukan seleksi ketat serta mengintensifkan kegiatan pendidikan dan pelatihan, agar transfer ilmu yang direncanakan pemerintah bisa optimal.

“Agar ini optimal, TKA harus tahu dulu dengan bahasa Indonesia. Hal itu penting karena transfer teknologi tidak bisa dilakukan ketika komunikasinya tidak jalan,” tegas politikus Partai NasDem itu.

Di samping itu lanjutnya, task force pengawasan orang asing harus berjalan, sehingga negara tidak kecolongan dengan masuknya TKA. Sebab, TKA di luar standar kualifikasi, justru malah merugikan masyarakat.

Ia juga mengingatkan Kemenaker agar saling koordinasi dengan Kementerian BUMN lainnya yang menyerap TKA melalui skema investasi. Seluruh kementerian dan lembaga negara yang mengikutsertakan TKA masuk dalam investasi harus duduk bersama, sehingga regulasinya tidak saling bertabrakan.

“Untuk skema investasi, sudah diatur tenaga kerjanya maksimal 20 persen boleh diikutsertakan. Itupun tenaga kerja ahli teknologi, bukan tenaga kerja kasar. Ini yang harus ditegaskan oleh pemerintah,” imbuh wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatera Selatan II ini.

Diketahui, Kementerian ESDM telah mencabut 11 peraturan di sektor migas. Aturan yang dicabut salah satunya adalah Peraturan Menteri (Permen) Nomor 31 Tahun 2013 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing dan Pembinaan Tenaga Kerja Indonesia. Tujuannya untuk menarik investasi yang lebih besar.

The post INGAT! Tenaga Kerja Asing Hanya Boleh di Level Ini appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...

BERITA POPULER

To Top