KILAS SEMARANG

Ketua Persit KCK PD IV/Diponegoro: Setetes Darah Dapat Menyelamatkan Jiwa Seseorang

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro menggelar kegiatan sosial donor darah di Balai Diponegoro, kompleks Makodam IV/Diponegoro, Semarang, Kamis (1/3).

Donor darah ini digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana sekaligus HUT ke 54 Darma Pertiwi tahun 2018.

Kegiatan donor darah ini mendapat sambutan antusias dari anggota Persit dan Prajurit serta PNS di lingkungan Kodam IV/Diponegoro.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro Ny Iir Wuryanto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya membantu sesama dalam bidang kemanusiaan, khususnya dalam menambah persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI).

“Dengan menyumbang darah maka dapat menyelematkan orang lain. Setetes darah dapat menyelamatkan jiwa seseorang,” katanya.

Selain itu, kata dia, donor darah secara rutin juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. “Dengan melakukan donor darah, maka dapat memberikan manfaat bagi pendonor diantaranya mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, meningkatkan produksi darah dan menjaga kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto S.Sos M.Si pada amanat tertulis yang dibacakan Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari S.I.P M.Si menyampaikan bahwa donor darah ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI AD.

“Khusus di wilayah Kodam IV/Diponegoro donor darah dilaksanakan secara serentak di Korem-Korem dan Kodim-Kodim. Target yang akan dicapai pada kegiatan ini sebanyak 6.077 orang,” jelas Pangdam IV/Diponegoro.

Menurut Pangdam, kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian Persit dalam meningkatkan perannya sebagai istri prajurit dan anggota organisasi serta sebagai warga masyarakat yang memiliki tanggung jawab sosial terhadap kondisi kehidupan masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Disisi lain, lanjutnya, kegiatan ini adalah implementasi dari pembinaan teritorial yang merupakan bagian dari tugas pokok TNI AD, khususnya dalam mengatasi kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah.

“Hal ini telah menjadi komitmen TNI AD segenap organisasi pendukungnya dengan terus menggalakkan Serbuan Teritorial melalui bhakti sosial secara massal, yang melibatkan ribuan prajurit bersama masyarakat di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Terkait mengenai kejadian bencana alam yang terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, Pangdam menjelaskan bahwa Kodam IV/Diponegoro menjadi yang pertama dan terdepan dalam meringankan penderitaan dan kesulitan masyarakat.

“Dalam menjalankan tugas tersebut, maka dibutuhkan sinergitas dari semua elemen masyarakat,” jelasnya. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top