Tubuh Anda Memar Tanpa Sebab? Begini Penjelasannya

Memar akibat terbentur sesuatu itu hal biasa, namun bagaimana jika memar yang muncul tanpa sebab yang Anda ketahui?

Menurut Neil Sadick, M.D., clinical professor of dermatology dari Weill Cornell Medical College di New York City, AS, hal itu perlu dilihat dari penyebabnya.

Memar sendiri, lanjut dia, terjadi ketika ada kebocoran pada pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit. Bagian tubuh seperti kaki di area tulang kering adalah tempat yang paling rawan terjadi memar.

Penyebab lainnya, lanjutnya lagi, adalah bawaan dari orang tua, sebuah fenomena genetik di mana seseorang memiliki pembuluh darah yang sangat rapuh, membuatnya mudah sobek dan bocor.

Selain dua penyebab di atas, memar yang tanpa sebab juga dapat dipicu oleh konsumsi obat atau suplemen tertentu. Obat pengencer darah, aspirin, ibuprofen yang diminum secara reguler dapat memicu masalah ini.

Jika ketiga hal di atas bukan penyebabnya, Anda mungkin mengalami kekurangan vitamin, khususnya vitamin C dan K. Konsumsi bluberi, kiwi, stroberi dan kale dapat membantu menyelesaikan masalah ini.

Di luar dari itu, kompres es tepat di area yang terdampak dapat membantu mengurangi pembengkakan dan inflmasi yang terjadi, sekaligus memperlambat aliran darah dan mengurangi ukuran dari memar.

Dan bagi Anda yang sangat mudah memar, olesan krim bervitamin K dan kombinasi arnica juga dapat menyingkirkan memar dengan cepat.(ruf)

The post Tubuh Anda Memar Tanpa Sebab? Begini Penjelasannya appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Redaksi:
Related Post