GAYA HIDUP

Begini Penjelasan Pakar, Mengenai Kacang Kedelai yang Sebabkan Kanker

Anda mungkin pernah mendengar hasil studi yang menunjukan kaitan antara konsumsi kacang kedelai, termasuk produknya, dan kaitannya dengan penyebab beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker ovarium. Benarkah itu atau sebuah mitos yang telah terbantahkan?

Pada studi tahun 1998 itu, ditemukan bahwa isoflafon, yang memiliki kemiripan dengan hormon estrogen, dapat menyebabkan pertumbuhan sel tumor yang ada.

Hal inilah yang kemudian menurut Mark Messina, Ph.D., executive director dari Soy Nutrition Institute, membuat para pakar khawatir akan konsumsi salah satu jenis kacang yang populer di konsumsi oleh masyarakat dunia.

Untungnya hal itu terbukti salah besar. Berdasarkan beberapa studi pasca studi 1998 itu, justru menunjukan hal yang sebaliknya. Dengan mengkonsumsi kacang kedelai, menurut dia, justru membantu mencegah pertumbuhan sel kanker (pada bekas pasien kanker payudara) mengerikan ini untuk kembali.

dan menurut sebuah meta-analisis yang melibatkan 11.224 bekas pasien kanker payudara, menunjukan bahwa konsumsu kacang kedelai pasca diagnosa kanker, juga mengurangi resiko kematian secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, American Cancer Society dan American Institute for Cancer Research menyatakan bahwa kacang kedelai dapat dengan aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita kanker payudara.(ruf)

Loading...

BERITA POPULER

To Top