Masih Muda Sudah Ubanan? Waspada, Simak Nih

Rambut putih atau uban seringkali dikaitkan dengan bertambahnya usia seseorang.

Uban, bagi orang Asia, umumnya muncul ketika seseorang memasuki akhir 30 an dan tidak ada yang aneh dengan hal itu.

Namun perlu dicatat, jika rambut putih Anda tumbuh jauh lebih dini dan dalam jumlah yang banyak, maka ada aspek lain yang memicu kondisi Anda tersebut, di luar dari faktor usia.

Menurut sebuah studi yang dipresentasikan pada Annual Conference of the Cardiological Society of India ke-69, pria yang mengalami uban prematur memiliki resiko lima kali lebih tinggi terkena penyakit arteri koroner (penyempitan pembuluh darah arteri yang dapat memicu serangan jantung).

Sementara menurut studi lainnya di tahun 2012 , rambut uban di usia dini dapat dikaitkan dengan kondisi bernama stress oksidatif, sebuah proses biologis yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan tubuh yang sehat

Apa yang harus Anda lakukan jika kondisi ini menimpa Anda?

“Jika rambut putih Anda tumbuh signifikan di bawah usia 35 tahun, maka ada baiknya untuk konsultasikan kondisi Anda dengan dokter terkait resiko penyakit jantung,” kata Steve Daveluy, M.D., Asisten Profesor dan program director di Wayne State Dermatology yang tidak terlibat dalam studi itu.

Mengantisipasi sesuatu jauh-jauh hari tentunya dapat menghindarkan Anda dari kondisi serius yang tidak pernah Anda inginkan.(ruf)

Redaksi:
Related Post