RAGAM

Datangi Markas MUI, Ketua DPR Janjikan Ini

Jakarta, liputan.co.id – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan setuju Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki satuan kerja (Satker) sendiri dan punya mata anggaran sendiri, karena selama ini anggarannya melalui Kementerian Agama.

“Kita akan bicarakan itu dengan Menteri Keuangan dan saya minta Komisi VIII DPR mengkaji hal tersebut agar MUI bisa ditingkatkan anggarannya,” kata Bambang, saat Taaruf Silaturahim dan Tukar Pikiran dengan Pimpinan MUI, di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Dukungan DPR bagi MUI untuk peningkatan anggarannya, lanjut Bamsoet sapaan Bambang Soesatyo, pasti ditujukan untuk membina umat. “Apalagi mayoritas umat Islam berada di Indonesia. Ini tanggungjawab kita,” tegasnya.

Dijelaskan Bamsoet, selama ini anggaran MUI sebesar Rp6 miliar. Sedangkan MUI membina hampir 200 juta jiwa umat Islam, tentu anggaran ini tidak sebanding dengan tugas berat MUI.

“Tadi Pak Ketua Umum MUI bilang minimal anggarannya Rp30 miliar karena program dan kegiatan MUI cukup banyak,” ungkap politikus Partai Golkar itu.

“Saya dorong segera dilakukan, karena ini sangat penting dalam menunjang kegiatan peningkatan moral bangsa dan ini sesuai dengan nawacita Presiden Jokowi,” imbuhnya.

Terakhir, Bamsoet berjanji akan membicarakan hal tersebut dengan Kementerian Keuangan, Banggar dan Komisi terkait di DPR, agar dilakukan kajian ruang penambahan anggaran atau Satker dan anggaran MUI berdiri sendiri. “Kalau ada ruang dan sesuai dengan perundang-undangan, maka pasti akan kita dukung. Kalaupun Satkernya tidak bisa berdiri sendiri, yang penting anggaran MUI bisa cukup,” kata Bamsoet.

Loading...

BERITA POPULER

To Top