RAGAM

Kalau Tidak Lakukan Ini, Tugas KPI Dianggap Selesai

Jakarta, liputan.co.id – Anggota Komisi I DPR RI Biem Triani Benjamin mengatakan hingga saat ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) belum mengawasi tayangan online dan streaming di dunia maya. Pengawasan KPI menurut Biem, masih tertuju kepada siaran televisi (TV) dan radio.

“Peran KPI ke depan perlu diperluas. Sekarang ini hanya menangani siaran terrestrial. Kencederungan masyarakat pada tayangan terrestrial akan turun. Mereka beralih ke online dan streaming. Kalau ini tidak menjadi domain KPI, maka lima tahun ke depan tugas KPI selesai,” kata Biem, dalam rapat Komisi I DPR dengan KPI, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Siaran terrestrial lanjutnya, adalah tayangan TV berbasis tramsmisi satelit yang menggunakan gelombang radio dan ditangkap melalui pemancar.

Kini, perkembangan siaran bisa bergeser ke dunia maya dengan menonton tayangan online atau lewat streaming. “Kencendrungan peralihan masyarakat penonton perlu dicermati dan diawasi pula oleh KPI. Apalagi tayang online kian mudah diakses tanpa pengawasan,” ungkap politikus Partai Gerindra itu.

Komisi I DPR kata dia, harus bantu KPI dengan mendudukan dan memberikan wewenang kepada KPI untuk memantau online dan streaming. “Masyarakat mau mengadu ke mana bila ada tayangan online yang menyimpang. Kalau bisa RUU penyiaran juga memasukkan tugas pemantauan KPI ini,” usul Biem.

Loading...

BERITA POPULER

To Top