RAGAM

Komisi II DPR: Lebih baik PNS Jadi Penjabat Gubernur

Jakarta, liputan.co.id – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria menyatakan kekhawatirannya akan persepsi negatif dari publik jika jenderal polisi jadi penjabat (Pj) gubernur.

Sebab ujar Riza, tugas utama Polri menjaga keamanan, bukan mengurusi pemerintahan. Karena itu, dia meminta agar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tidak usah mengambil pejabat gubernur dari polisi atau militer.

“Lebih baik pejabat PNS saja yang ditunjuk menjadi penjabat gubernur. Di lingkungan pemerintah daerah kan ada Eselon I, atau bisa dari Kementerian lain kalau memang diperlukan. Jadi jangan dari polisi,” kata Riza, di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Sebelumnya diberitakan, Mendagri Tjahjo Kumolo mengusulkan dua Jenderal Polisi Irjen M. Iriawan yang saat ini menjabat sebagai Asisten Kapolri Bidang Operasi untuk ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat, dan Kadiv Propam Polri Irjen, Martuani Sormin menjadi Penjabat Gubernur Sumatera Utara. Keduanya akan mengisi posisi gubernur setelah masa jabatan Ahmad Heryawan dan Tengku Erry Nuradi selesai.

Loading...

BERITA POPULER

To Top