KILAS SEMARANG

Walikota Hendi: SORR Jadi Kebutuhan Prioritas Kota Semarang

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Semarang Outer Ring Road (SORR) atau Jalan Lingkar Luar Semarang kembali disorot. Pasalnya, Jalan Lingkar Luar Semarang bagian utara yakni Mangkang-Arteri Yos Sudarso ditegaskan oleh Pemerintah Kota Semarang merupakan kebutuhan yang sangat prioritas untuk Kota Semarang.

Karenanya, Pemerintah Kota Semarang telah meminta bantuan pembiayaan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar dapat mewujudkan SORR Utara. Sebab, kebutuhan jalan untuk memecah keramaian lalu lintas di Kota Semarang sudah sangat mendesak.

“SORR sebuah kebutuhan sangat prioritas untuk Kota Semarang, karena jalur utara Semarang menuju ke barat dari Mangkang ke Jerakah kondisi lalu-lintas hampir tiap hari keluhannya padat,” kata Walikota Semarang Hendrar Prihadi di Balaikota, Senin (22/1).

Menurut Walikota Semarang Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi tersebut, banyak kendaraan berat seperti truk, bus yang melintas dan keberadaan kawasan industri di jalur tersebut. Sehingga pada saat pagi hari, sore, waktu pulang kerja kondisi lalu-lintas semakin padat.

“Karena begitu pentingnya keberadaan SORR tersebut, Pemerintah Kota Semarang kemudian meminta bantuan secara tertulis dan pendekatan secara lisan kepada Kementerian PUPR untuk bisa melakukan pembiayaan SORR,” terangnya.

Sementara terkait proses pembebasan lahan untuk pelaksanaan SORR, lanjutnya, masih terus dilakukan Pemerintah Kota Semarang. Saat ini penetapan lokasi dan sosialisasi kepada masyarakat terdampak sudah dilaksanakan, tinggal yang belum adalah penetapan harga dari tim aprasial.

“Saya belum cek, tapi dalam waktu dekat kemungkinan ada beberapa lembaga yang diminta mengecek lokasi kira-kira aprasialnya harganya berapa, baru negosiasi dengan masyarakat,” tambahnya. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top