Fahri Hamzah Sebut Vietnam-Indonesia Negeri Yang Akrab

Hanoi, liputan.co.id – Pimpinan Parlemen Indonesia yang terdiri dari Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang juga Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta dan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah beserta delegasi DPR dan DPD RI berkunjung ke Hanoi Vietnam 17-21 Januari 2018. Kunjungan tersebut dalam rangka pertemuan tahunan ke-26 Forum Parlemen Asia Pasifik (26th Annual Meeting of The Asia-Pacific Parliamentary Forum – APPF).

Di sela-sela persiapan pembukaan acara, pimpinan Parlemen Indonesia mengunjungi Presiden Vietnam Tran Dai Quang dan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam, satu-satunya partai berkuasa di Vietnam.

Dalam pertemuan Presiden Vietnam Quang menyampaikan salam dan undangan kepada Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Vietnam dan mengucapan selamat atas terselenggaranya APPF ke-26 di Vietnam, serta berharap hubungan di kawasan Asia Pasifik dapat terjaga baik serta situasi politik dan keamanan dapat lebih kondusif.

Seusai pertemuan dengan Presiden Vietnam, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengapresiasi keramahan dan Presiden Vietnam yang cukup hangat.

“Vietnam sebagai negara yang cukup akrab dengan Indonesia karena pendiri kedua negara akrab sebagai pemimpin rakyat di masa perjuangan dan kemerdekaan,” kata Fahri dalam rilisnya, Kamis (18/1/2018).

Bung Karno dan Ho Chi Minh ujar Fahri, akrab dalam sejarah hubungan pemimpin negara di Asia. Makanya diakrabkan lagi saat ini oleh kedua pemimpin saat ini dengan undangan Presiden Vietnam dan pemimpin partai kepada Presiden Jokowi berkunjung ke Vietnam.

Sementara pemimpin partai berkuasa Vietnam menyatakan hal senada. Pemimpin tertinggi Vietnam juga mengingatkan undangan kenegaraan Vietnam kepada Presiden Jokowi untuk mengunjungi Vietnam.

Seusai pertemuan dengan Presiden dan Pemimpin Partai Komunis Vietnam, selanjutnya delegasi APPF Indonesia menghadiri pembukaan resmi APPF di gedung parlemen Vietnam. Acara dibuka oleh ketua Presiden Vietnam didampingi ketua parlemennya, Madame Nguyen Thi Kim Ngan.

Redaksi:
Related Post