KILAS SEMARANG

Sepanjang 2017, Polda Jateng Pecat 50 Anggota 

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Sepanjang 2017, sebanyak 50 anggota Kepolisian Daerah Jawa Tengah dipecat atau diberhentikan tidak dengan hormat. Mereka yang dipecat adalah anggota yang melakukan pelanggaran berat.

“Hari ini ada 24 anggota yang dipecat. Sebelumnya ada 26 personel, jadi total ada 50 anggota Polri di Jawa Tengah yang diberhentikan sepanjang 2017,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono usai upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) di halaman Mapolda Jawa Tengah, Jumat (29/12).

Ia menyebutkan, puluhan anggota polisi yang dipecat itu umumnya berkaitan dengan kasus penyalahgunaan narkoba, pidana, desersi atau meninggalkan tugas tanpa ada alasan yang jelas dan melakukan pelanggaran kode etik.

“Pemecatan dilakukan terhadap anggota yang berperilaku melanggar kode etik, ada juga yang terlibat kasus Narkoba,” jelasnya.

Pemecatan anggota secara tidak hormat, lanjutnya, merupakan komitmen Polri untuk mengevaluasi sekaligus pembinaan anggota lainnya. Dengan harapan para anggota bersungguh-sungguh bekerja dan mengukir prestasi.

“Polri terus bersih-bersih agar intitusi ini tidak dirusak oleh sekelompok kecil atau oknum yang akan menciderai Polri. Ini juga menjadi introspesksi bagi anggota lain untuk terus melakukan pengayoman kepada masyarakat, sehingga tidak melakukan pelanggaran,” imbuhnya.

Selain melakukan pemecatan, Polda Jawa Tengah juga akan memberikan reward bagi anggota yang berprestasi. Langkah ini dilakukan guna memotivasi para polisi agar meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami terus melakukan pembinaan personel, pembinaan mental, ketauladanan pimpinan. Kami beri reward setiap tanggal 17 (Agustus) untuk memotivasi,” ujarnya.

Pada upacara tersebut, juga ada pemberian kenaikan pangkat pada 1.028 personel yang berlaku per 1 Januari 2018.

Kenaikan pangkat tersebut mulai dari Bripda ke Briptu hingga AKBP ke Kombes Pol. Termasuk Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kabid Propam Polda Jawa Tengah dan Kapolresta Surakarta. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top