Peneliti Australia Temukan Cara Efektif Kembalikan Pendengaran yang Hilang

Implan dan alat bantu pendengaran bagi mereka yang mengalami gangguan pada pendengarannya selama ini dianggap memiliki fungsi yang terbatas lantaran penggunannya seringkali kesulitan untuk mendengar suara yang kompleks atau mendengar dengan jelas ketika berada pada suasana bising.

Namun semua itu sepertinya akan menjadi sejarah. Para peneliti dari The Bionics Insititute di Melbourne, Australia berhasil menemukan cara untuk beradaptasi dengan implan koklea pada telinga penderita untuk menstimulasi saraf auditory dengan menggunakan cahaya ketimbang impuls listrik seperti yang digunakan selama ini.

Itu artinya suara dapat ditargetkan secara spesifik bersamaan dengan frekuensi berbeda lainnya pada saraf auditory dan itu juga berarti mereka yang menggunakan alat ini akan dapat mendengar suara mereka satu sama lain dalam waktu bersamaan untuk kali pertama.

Dr. Carly Anderson dari Action on Hearing Loss mengatakan bahwa temuan ini adalah akan memberikan pengalaman baru pada mereka membutuhkannya.

“Kabar ini sangat menggembirakan dan juga memecahkan masalah keterbatasan yang dimiliki oleh implan koklea dan bagaimana kita dapat mengembalikan pendengaran dari orang yang tuli. Temuan ini akan memungkinkan mereka berkomunikasi lebih efektif dan meningkatkan kualitas hidup mereka,” kata Dr. Anderson seperti dikutip dari Express.co.uk.

Implan koklea sendiri pertamakali dikembangkan sekitar 40 tahun yang lalu. Alat ini membantu penggunanya untuk merasakan sensasi mendengar, namun dengan segala keterbatasannya.(ruf)

Redaksi:
Related Post