KILAS SEMARANG

Kapolda Jateng Luncurkan Buku “Memimpin Dalam Keberagaman Kearifan Lokal Menjaga NKRI”

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Buku berjudul “Memimpin Dalam Keberagaman Kearifan Lokal Menjaga NKRI” yang berisi tentang menjaga dan merawat Kebhinekaan adalah hal mutlak yang dibutuhkan bangsa ini untuk menjaga persatuan dalam keberagaman diluncurkan.

Buku yang memuat pesan tentang betapa pentingnya pemimpin dalam menjaga Kebhinekaan dalam sebuah kesatuan wilayah yang memiliki keberagaman etnis, suku, agama dan ras seperti di wilayah Jawa Tengah ini merupakan buah pikiran dari Irjen Pol Condro Kirono, yang kini menjabat Kapolda Jawa Tengah.

Peluncuran buku itu dilakukan bersamaan dengan acara bedah buku yang berlangsung di Rama Shinta Ballroom Hotel Patra Jasa Semarang, Senin (18/12). Acara tersebut dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Alissa Wahid dari jaringan Gus Durian Indonesia yang sekaligus menjadi narasumber.

Turut hadir sejumlah tokoh seperti Pangdam IV/Diponegoro, Kejati Jateng, Ketua MUI, Ketua FKUB,  Ketua DPRD Jateng, Direktur Asia Foundation, Forum Kerukunan Umat beragama Provinsi, Kabupaten dan Kota, Rektor dan Ketua BEM perguruan tinggi di Jateng, Kapolrestabes dan Kapolres se-Jawa Tengah.

Kapolda mengatakan, bahwa semboyan Bhinneka Tunggal Ika sedang diuji dengan kasus intoleransi di tengah-tengah masyarakat. Berbagai kasus intoleransi terjadi di nusantara, begitu juga yang pernah terjadi di Jawa Tengah.

“Hal itulah yang menginspirasikan saya untuk membagi pengalaman merajut persatuan dan kesatuan di masyarakat di Jawa Tengah melalui buku yang penuh inspiratif ini,” katanya.

Dirinya menambahkan, bahwa kisah inspiratif tersebut patut dibagikan kepada publik karena sarat nilai positif. Misalnya, mengelola konflik sosial yang terjadi di tengah masyarakat dengan cara yang humanis dan menjaga keberagaman dengan cara yang tepat.

“Beragam tantangan keberagaman di Jawa Tengah harus dihadapi bersama. Bukan hanya polisi, tapi merangkul masyarakat dan bersama-sama menjaga persatuan dan saling toleransi,” imbuhnya.

Kapolda berharap, bukunya bermanfaat untuk semua anggota Polri agar bisa bersama-sama menjaga kebinekaan dan memimpin dalam keberagaman. Pendekatan itu bisa menekan konflik sosial, mengurangi kasus intoleransi, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda juga menyampaikan pesan penting kepada semua anggota Polri. “Bekerjalah dengan hati nurani saudara-saudara” ujar jenderal bintang dua itu. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top