KILAS SEMARANG

Pantau Harga, Kapolda Jateng Blusukan ke Pasar Tradisional 

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono turun langsung mengecek harga kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kenaikan harga.

Sidak dilakukan Kapolda di pasar Peterongan, Semarang, Jumat (15/12). Kedatangan jenderal bintang dua itu bersama rombongan dari instansi terkait, langsung disambut para pedagang di pasar tradisional itu.

Bersama Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi serta jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Jawa Tengah, Kapolda mendatangi satu persatu kios pangan dari mulai kios beras, ikan segar, daging ayam, daging sapi, telur dan sayuran.

“Tadi setelah kita cek, mayoritas sembilan bahan pokok harganya normal. Untuk harga daging sapi Rp 100.000, bawang merah dan bawang putih cenderung turun pada kisaran Rp 18.000. Sementara harga telur ayam ada kenaikan sedikit Rp 24.000 per kilogram,” ujar Kapolda usai melakukan sidak.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga menegaskan bahwa jajarannya tak segan untuk menindak pihak manapun yang melakukan permainan harga. Pantauan ini, lanjutnya, akan dilaksanakan di seluruh pasar di Kabupaten/Kota oleh petugas dari kepolisan daerah maupun resort hingga datangnya tahun baru nanti.

“Kami akan terus mengawasi bila adanya permainan harga di pasar. Namun sejauh ini belum ada temuan indikasi tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi mengungkapkan, bahwa fluktuasi harga di atas merupakan kejadian yang normal dan terkendali.

“Kami menjamin, bahwa persediaan bahan pangan yang sekarang cukup untuk menanggulangi lonjakan kebutuhan yang kerap terjadi di penghujung tahun,” ungkapnya. (Art)

 

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top