GAYA HIDUP

Hidup Anda akan Jauh dari Stress jika Lakukan 3 Hal Ini

Stess seringkali dianggap remeh, padahal daya rusaknya sangat lah luar biasa terhadap kesehatan. Menurut penelitian, pria yang gelisah cenderung memproduksi sperma yang tidak wajar, gastritis atau radang selaput lendir dan beberapa lainnya.

Ketika daya rusakny tidak boleh dipandang sebelahh mata, namun cara mengatasinya ternyata tidaklah serumit yang Anda kira. Hanya saja jika Anda bersedia melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Kuasai teknik pernapasan

Stress atau perasaan tertekan menyerang sistem saraf simpatik Anda. Dalam kondisi ini, jantung akan berdetak kencang, nafas tidak teratur dan mengakibatkan pengerutan dalam pembuluh darah. Dengan belajar mengendalikan nafas, Anda dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatik, yang bertanggung jawab atas relaksasi tubuh Anda. Tujuan dari teknik pernafasan adalah untuk memfokuskan diri Anda pada nafas itu sendiri, membuatnya pendek dan kemudian ditarik dalam-dalam. Ketika Anda bernafas dalam-dalam melalui hidung, paru-paru akan mulai mengembang dan lingkar perutmu pun bertambah. Hal ini dipercaya efektif dalam menurunkan detak jantung menjadi lebih stabil dan mengembalikan suasana hati menjadi lebih damai.

2. Nikmati alunan musik yang mendamaikan

Mendengarkan alunan musik yang damai dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung dan tidak ketinggalan, hormon stress Anda. Musik klasik adalah pilihan yang paling tepat untu dipilih. Anda juga bisa menggantinya dengan suara alam sesekali. Inilah alasan mengapa bepergian dari pengatnya perkotaan dan beristirahat di daerah pegunungan yang sunyi dapat memberikan efek tersendri bagi otak Anda.

3. Buat diri Anda tertawa

Anda akan sulit merasakan gelisah jika sudah tertawa. Mengapa tertawa membuat kita merasa lebih relaks adalah karena asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh dan otak ketika seseorang mulai tertawa. Dengan tertawa, Anda dapat menstimulasi dan meredakan respon stress di otak Anda. Tidak hanya itu, tertawa yang menjadi sebuah kebiasaan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga suasana hati agar tetap stabil. Tontonlah acara televisi atau film komedi untuk memancing tawa apa saja untuk mengeluarkan keceriaan dari dalam diri.

(ruf)

Loading...

BERITA POPULER

To Top