KILAS SEMARANG

Temukan Jejaring Se-Indonesia, Ombudsman Dorong Partisipasi Masyarakat Awasi Pelayanan Publik

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Ombudsman Republik Indonesia menguatkan pengawasan pelayanan publik, dengan mengumpulkan seluruh jejaring Ombudsman se-Indonesia.

Dalam pertemuan jejaring Ombudsman yang berlangsung selama tiga hari mulai Jumat 8 Desember hingga Minggu 10 Desember 2017 di Hotel Aston Bekasi tersebut, Sahabat Ombudsman Jateng Aulia Sholichah Iman Nurchotimah terpilih sebagai peserta terbaik.

Acara ini merupakan insiatif Ombudsman dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk terlibat secara langsung dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

Dalam kesempatan itu, Sahabat Ombudsman dari 33 Provinsi diberikan kesempatan untuk memberikan masukan terhadap penyelenggaran pelayanan publik serta penguatan peranannya di tengah-tengah masyarakat untuk terus mendorong penyelenggara negara melakukan perbaikan dalam pelayanan publik.

Asisten Bidang Pencegahan dan Penyelesaian Laporan Ombudsman Perwakilan Jateng, Bellinda Wasistiyana Dewanty mengungkapkan, bahwa terpilihnya Aulia Sholichah Iman Nurchotimah sebagai Sahabat Ombudsman terbaik tidak terlepas dari keaktifannya dalam memberikan tanggapan dan pertanyaan kepada para narasumber.

“Di Jateng, kami menyebut Sahabat Ombudsman ini sebagai Konco Ombudsman. Konco Ombudsman sendiri terdiri dari berbagai unsur masyarakat di Jateng dengan bermacam-macam latar belakang,” ungkapnya, Minggu (10/12).

Dikatakan, bahwa saat ini Ombudsman Jateng fokus pada pembinaan Konco Ombudsman dari komunitas mahasiswa berbagai Universitas di Jateng.

“Mahasiswa sebagai generasi muda tentu menjadi investasi penting bagi bangsa, terutama dalam perbaikan pelayanan publik,” katanya.

Pertemuan jejaring Ombudsman, kata dia, dilakukan untuk mempertegas posisi Konco Ombudsman sebagai jejaring Ombudsman dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggara pelayanan publik.

Dalam acara tersebut, para jejaring juga memberikan masukan kepada Ombudsman dalam hal pengawasan.

“Konco Ombudsman kita berikan kebebasan untuk menyusun program kerja. Aulia yang juga merupakan Duta Museum Jateng Tahun 2017 itu menyusun program kerja dengan mengusung tema pelayanan publik dan mensosialisasikannya di kampus lewat forum diskusi dan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN),” ujarnya.

Menurut Bellinda, Aulia bersama Konco Ombudsman lainnya melakukan pendampingan terhadap masyarakat yang menjadi korban maladministrasi dengan memberikan pemahaman tentang keberadaan Ombudsman sebagai lembaga negara yang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

“Lebih jauh, Konco Ombudsman diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menyampaikan pengaduan atau laporan secara tepat kepada penyelenggara pelayanan publik maupun kepada Ombudsman Republik Indonesia,” jelasnya.

Selain Aulia Sholichah Iman Nurchotimah dari Jateng, lanjutnya, jejaring Ombudsman lainnya yang berasal dari Sumatera Utara dan Jawa Timur juga mendapatkan penghargaan.

“Ke depannya, dengan ada Partisipasi Masyarakat (Parmas) Nasional ini, diharapkan masyarakat di seluruh Indonesia semakin sadar dan peduli terhadap pelayanan publik dan bisa berkolaborasi dengan baik untuk melakukan pengawasan di seluruh Indonesia,” imbuhnya. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top