RAGAM

Zainudin Amali Dinilai Tepat Ketua DPR

Jakarta, Liputan.co.id – Kader Partai Golkar Zainudin Amali dinilai memenuhi kriteria sebagai Ketua DPR RI pengganti Setya Novanto. Kemampuan Ketua Komisi II DPR RI itu memimpin lembaga Dewan tak perlu diragukan karena dia sudah berpengalaman beberapa periode menjadi anggota dan pimpinan komisi.

Hal tersebut disampaikan kader Partai Golkar dr Christian R Parinsi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (28/11/2017) menanggapi posisi Ketua DPR Setya Novanto yang terancam melanjutkan jabatan itu setelah tersandung kasus korupsi proyek KTP elektronik.

“Jika akhirnya Pak Novanto diberhentikan, maka DPP Partai Golkar patut mempertimbangkan Zainudin Amali. Dia layak meneruskan jabatan Ketua DPR RI sampai berakhir masa bakti keanggotaan DPR ini,” kata Christian.

Alasan lain yang dianggap tepat memilih Amali karena track recordnya. Riwayat politiknya selama ini menurut Christian relatif bersih atau tidak pernah berurusan dengan aparat penegak hukum karena kasus korupsi.

“Saya kira dia bersih, rekam jejaknya sebagai politisi membuktikan dia aman sehingga kepemimpinannya tidak akan bermasalah,” kata Christian.

Amali terpilih jadi anggota DPR pada pemilu 2004 dari daerah pemilihan Gorontalo. Pada pemilu 2009 dan 2014 kembali terpiih sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur. Sebelum menjadi Ketua Komisi II DPR, Amali pernah menjadi Wakil Ketua Komisi VII.

“Pengalamannya memimpin Partai Golkar juga sudah pernah, saat menjadi Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur,” tegas Christian.

Jika Amali dipercaya sebagai Ketua DPR tambah dia, bisa dianggap mewakili Indonesia bagian Timur, karena dalam sejarah DPR, sosok ketuanya belum pernah berasal dari Indonesia Timur.

“Dia kelahiran Gorontalo, sehingga bisa kita anggap mewakili Indonesia bagian Timur pada pimpinan DPR,” ujarnya.

Loading...

BERITA POPULER

To Top