RAGAM

Politikus Gerindra: Luar Biasa UU Satu Ini

Jakarta, Liputan.co.id – Politikus Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria menyatakan Undang-Undang tentang Organisasi Kemasyaratan yang berasal dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) sangat luar biasa.

Sebab menurut Riza, melalui UU Ormas ini pemerintah telah menunjukan kekuasaan dan kesewenang-wenangannya karena tidak lagi mengakomodasi aspirasi masyarakat yang menolak Perppu tersebut jadi UU.

“Perppu yang yang dijadikan undang-undang ini luar biasa karena menunjukan kekuasaan kesewenang-wenangan sebab pemerintah tidak aspiratif terhadap banyaknya penolakan dari masyarakat,” kata Riza, dalam diskusi, “UU Ormas, Revisi Total atau Terbatas?”, di Media Center DPR RI, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (31/10/2017).

UU Ormas ini lanjutnya, sekaligus menunjukkan pemerintah tidak bijak karena lewat Perppu ini pula penguasa akan mengambil jalan pintas.

Dia tegaskan sebagai ideologi berbangsa dan bernegara, Pancasila sudah disepakati. Karena kesepakatan itu juga kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu, tidak ada Ormas yang anarkis.

“Kalau bicara teroris, di banyak negara ada terorisme itu. Andai ada satu atau dua Ormas menyimpang, itu tugas pemerintah membimbingnya. Kalau itu tak dilakukan, pemerintah yang gagal,” tegasnya.

Oleh karena itu, Riza mengingatkan sekuat apa pun sebuah kekuasaan tidak akan bisa diselesaikan secara sepihak karena bangsa dan ini didirikan secara gotong royong dengan modal keragaman.

“Hal yang tidak kalah pentingnya, Perppu ini keluar tidak memenuhi syarat sebagaimana yang ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi yaitu tidak ada kegentingan yang memaksa dan tidak terjadi kekosongan hukum. Lagi pula, pemerintah kapan saja bisa mengusulkan revisi undang-undang dan DPR bisa menyelesaikan dalam waktu tidak lebih satu bulan,” pungkasnya.

Loading...

BERITA POPULER

To Top