GAYA HIDUP

Kontradiksi, Manfaat Versus Dampak Buruk Konsumsi Kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Tidak hanya untuk rasanya, banyak masyarakat dunia yang juga menikmati kopi untuk manfaat sehatnya.

Namun perlu di catat, untuk mendapatkan manfaat sehat minum kopi, ada beberapa larangan yang harus dihindari oleh mereka yang mengkonsumsinya. Gagal menghindari larangan ini justru dapat berdampak negatif terhadap kesehatan.

Berikut kontradiksi kebiasaan Anda meminum kopi seperti diambil dari beberapa sumber:

1. Menurunkan resiko diabetes

Sebuah studi dari Harvard School of Public mengungkapkan bahwa kebiasaan meminum kopi mampu menghindarkan anda dari resiko terkena diabetes. Mereka yang mengkonsumsi kopi dengan meminumnya lebih dari satu cangkir per hari selama 4 tahun diketahui dapat menurunkan resiko terkena diabtes tipe 2 sebesar 11 persen. Sementara mereka yang tidak sering mengkonsumsi kopi justru memiliki resiko terkena diabetes sebesar 17 persen.

2. Membakar lemak.

Kandungan kafein yang terdapat kopi diketahui mampu menstimulasi termogenesis, proses dimana suhu tubuh mengalami peningkatan, mengubah konsumsi makan dalam tubuh menjadi energi. Jadi dengan meminum kopi, membantu tubuh dalam membakar lemak sepanjang hari.

3. Menurunkan resiko terkena kanker usus

Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, meminum empat hingga lima cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker usus dan rektum sebesar 15 persen. Namun patut diketahui bahwa meminum kopi bukan berarti anda kebal terhadap kanker, setidaknya mampu mencegahnya.

4. Melindungi liver

Menurut studi yang dilakukan University of Minnesota, asupan kopi yang tinggi dapat mengurangi resiko terkena hepatocellular carcinoma, salah satu bentuk kanker hati.

5. Menurunkan resiko Alzheimer

Menurut sebuah studi belum lama ini, mereka yang sering meminum kopi memiliki resiko yang rendah meninggal secara prematur. Para peneliti berpendapat bahwa kopi dapat berkhasiat dalam mengurangi inflamasi dan salah satu penyakit yang terkait dengan ini adalah Alzheimer.

Dampak negatif konsumsi kopi:

1. Meminum kopi terlalu panas beresiko sebabkan kanker

Menurut International Agency for Research on Cancer (IARC), mengkonsumsi minuman yang panas, atau diatas dari 65 derajat Celsius, bisa menjadi salah satu penyebab kanker, dalam hal ini kanker esofagus, saluran yang menguhubungkan saluran tenggorokan dengan lambung. Kebanyakan orang mengkonsumsi minuman seperti kopi dan teh pada suhu sekitar 70 derajat.

2. Dapat menyebabkan rasa gelisah dan panik

Kopi diketahui dapat menyebabkan rasa gelisah dan masalah tidur akibat dikeluarkannya hormon corsitol akibat konsumsi kopi. Hal ini kerap terjadi para mereka yang menderita serangan panik dan kecemasan sosial. Untuk mengurangi efek ini, penderita gangguan kesehatan diatas harus mengurangi asupan kopi sekitar 1 atau 2 cangkir kopi per harinya dan meminum kopi terakhir 6 jam sebelum waktu tidur.

3. Sulit menahan buang air kecil

Kopi adalah diuretik, artinya, konsumsi kopi dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil anda, terlebih mereka yang tidak meminumnya secara reguler. Untuk mengatasi hal ini, pakar gizi Corinne Dobbas, MS, RD, menganjurkan untuk ngopi yang dibarengi dengan camilan. Dengan begitu proses pergerakan cairan pada perut dan sistem pencernaan dapat dikurangi. Sementara menurut penelitian, kandungan asam yang dimiliki kopi dapat menstimulasi usus dan kolon, menyebabkan anda sulit untuk menahan poop. Jika anda mengalami hal ini, kopi yang cocok untuk anda adalah kopi hitam dan espresso yang rendah akan kandungan asam dan kafein.

4. Mata berkedut

Menurut National Institutes of Health, kafein adalah salah satu dari tiga besar penyebab mata manusia yang berkedut. Sementara menurut penelitian yang dilakukan York University, konsumsi kafein dapat memicu pelepasan hormon serotonin dan noradrenaline, excitatory neurotransmitter yang dapat mempengaruhi otot dan saraf tubuh manusia. Hindari kopi dan perbanyak minum air putih.

5. Jam tidur anda berantakan
Ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa konsumsi kopi dapat mengganggu tidur anda, baik secara kualitas dan kuantitas, meski anda memimunnya 6 jam sebelum jam tidur. Kalau sudah begini, anda tidak akan lagi mendapatkan manfaat baik dari kopi. Mau tidak mau, anda harus menghindari kopi, setidaknya sebelum jam 4 sore.

(ruf)

Loading...

BERITA POPULER

To Top