KILAS SEMARANG

Walikota Libanon Tertarik Pengelolaan Sampah Kota Semarang

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang kembali menjadi tempat kunjungan kerja para pemimpin daerah dari Negara-negara sahabat.

Seperti Senin (16/10) di Ruang Kerja Walikota Semarang,  Rombongan dari negara Libanon yang dipimpin oleh Walikota Tripoli Mr Ahmed Kamareddine mengunjungi Semarang guna melakukan penandatanganan Letter of Interest sebagai sister city.

Kedua kota akan menjalin persahabatan dan mengembangkan potensi di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, lingkungan hidup, infrastruktur, pariwisata dan budaya, olah raga, SDM, kesehatan masyarakat dengan dasar saling menguntungkan.

Walikota Tripoli Mr Ahmed Kamareddine mengungkapkan, bahwa kedatangan rombongan tersebut dikhususkan untuk mengadopsi pengelolaan limbah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang serta membangun kerja sama terkait pariwisata.

Menurutnya, saat ini di Kota Tripoli sampah menjadi persoalan besar yang memerlukan penanganan.

“Saat ini penanganan sampah menjadi konsentrasi pemikiran kami. Semula kami melakukan upaya daur ulang sampah sebanyak 350 ton per hari. Namun kini jumlahnya meningkat secara signifikan menjadi 450-500 ton per hari, karena datangnya pengungsi dari Suriyah,” ungkapnya.

Padahal menurutnya Libanon adalah negara kecil, sehingga perlu penanganan dalam pengelolaan sampah.

Untuk itu pihaknya berupaya mempelajari apa yang telah dilakukan oleh Kota Semarang yaitu dalam pengelolaan limbah sampah di TPA Jatibarang.

Selain itu, kedatangannya itu juga dimaksudkan untuk menjalin kerjasama terkait bidang pariwisata.

Miftahuddin Ahimy Staf Bidang fungsi Politik Kedutaan Indonesia untuk Beirut menjelaskan, bahwa Semarang dan Tripoli memiliki kesamaan khususnya dalam peninggalan sejarah islam.

“Tripoli merupakan kota kedua setelah Mesir yang memiliki banyak sejarah islam. Untuk itu jika selama ini ada jamaah haji atau umroh yang hanya mendapatkan penawaran paket wisata ke Turki atau Mesir, kini kami tawarkan mereka untuk berkunjung ke Tripoli atau Libanon sebagai alternatif. Untuk itu kami mengundang Bapak Walikota Semarang ke kota kami,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Semarang Hendrar Prihadi memberi respon positif.
Pihaknya mengapresiasi dengan
datangnya rombongan dari Kota Tripoli tersebut.

Upaya yang dilakukan Walikota Tripoli tentang pengelolaan sampah, pihaknya juga menerima dengan tangan terbuka.

“Jika besok Bapak Walikota akan mengunjungi TPA Jatibarang, bisa memakai pakaian yang nyaman karena cuaca di Semarang akhir-akhir ini tidak bisa diprediksi,” ujarnya.

Sementara terkait penandatanganan Letter of Interest antara kedua kota sebagai sister city, kedepan Walikota Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi tersebut meminta Kepala Dinas Pariwisata dan sejumlah Kepala OPD untuk melakukan penjajakan terkait seluruh bidang untuk kemudian dilakukan MoU terhadap bidang-bidang tertentu yang menguntungkan kedua belah pihak. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top