RAGAM

Ustaz HNW: Mengamalkan Pancasila Seolah Dianjurkan, Masyarakat Tak Pernah Lihat Contoh

Jakarta, Liputan.co.id – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menyatakan masyarakat butuh sosok yang bisa diteladani, agar mereka bisa percaya bahwa Pancasila bisa dilaksanakan. Bukan semata sila-sila yang baik tapi sulit pengamalannya. Apalagi, selama ini masyarakat seolah hanya dianjurkan mengamalkan Pancasila, tanpa pernah melihat contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Agar generasi muda bisa bangga dan mencintai bangsanya menurut Hidayat, mereka dituntut mempelajari ke Indonesiaan secara utuh. Ini penting agar mereka bisa mengenal Indonesia secara lebih dekat. Karena tidak mungkin ada rasa cinta dan bangga, kalau mereka tidak mengenalnya.

Hal tersebut disampaikan Hidayat sebagai salah satu kesimpulan dialog MPR Rumah Kebangsaan, di ruang Presentasi Perpustakaan MPR RI, Gedung Nudantara IV, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Seperti halnya mencintai media sosial, kata Hidayat, generasi millenia hanya akan mencintai Indonesia setelah mereka mengenal Indonesia secara baik. Karena tanpa mengenal Indonesia, mereka tak akan pernah mencintai dan bangga terhadap tanah airnya sendiri.

“Tak kenal maka tak sayang. Itulah yang saat sekarang dirasakan generasi muda. Coba kalau mereka bisa mengenal dengan baik, seperti mereka mengenal media sosial dan sejenisnya, niscaya mereka pun akan mencintai dan berani berkorban demi Indonesia,” ujar dia.

Untuk itulah kata Hidayat, MPR tak pernah lelah untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI. “Termasuk menggunakan berbagai metode yang bisa menjangkau genersai muda. Bukan semata metode doktrinasi, atau ceramah-ceramah saya, yang terkadang terasa membosankan,” imbuh Ustaz Hidayat.

Loading...

BERITA POPULER

To Top