GAYA HIDUP

5 Ciri Gagal Jantung, Kenali Sejak Dini Sebelum Terlambat

Gagal jantung adalah kondisi yang lebih mematikan dari kanker, namun menyadari gejala awalnya dapat membantu Anda untuk mendapatkan perawatan yang efektif dan bahkan menyelamatkan nyawa Anda.

Menurut studi yang dilakukan oleh Keele University, pria dan wanita yang menunjukan gejala kondisi ini memiliki resiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang menunjukan gejala kanker.

Menurut NHS, gagal jantung terjadi ketika jantung kehilangan kemampuannya untuk memompa darah secara normal dan terjadi ketika organ vital ini terlalu lemah atau kaku untuk melakukan fungsinya.

Kondisi ini sendiri disebabkan oleh beberapa pemicu yang terjadi dalam waktu bersamaan. Pemicunya antara lain penyakit jantung koroner, darah tinggi, gangguan ritme jantung dan kardiomiopati, di mana ketiga kondisi ini menyebabkan terjadinya gangguan pada otot jantung, selain juga karena disebabkan oleh perubahan suhu.

Perlu diketahui bahwa penyakit jantung masih tercatat sebagai pembunuh nomor satu dunia. Setidaknya 17, 5 juta nyawa melayang setiap tahunnya.

Ada pun gejala awal gagal jantung yang perlu Anda sadari jauh-jauh hari adalah seperti:

1. Kesulitan bernapas

2. Kelelahan

3. Pembengkakan pada telapak dan mata kaki

4. Detak jantung yang cepat

5. Bobot tubuh yang bertambah atau berkurang

Kendati tidak ada penangkalnya, namun perubahan gaya hidup, konsumsi obat dan implan alat khusus pada dada dapat membantu mengontrol ritme jantung, selain juga memalui bantuan operasi.(ruf)

Loading...

BERITA POPULER

To Top