KILAS SEMARANG

PKK Kota Semarang Raih Juara I Nasional Lomba Pelaksana Terbaik UP2K

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Kota Semarang berhasil menyabet penghargaan pada kegiatan Lomba Kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat nasional dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 tahun 2017.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi pada puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017 di Ruang Krakatau, Hotel Mercure, Ancol Jakarta, Selasa (3/10).

Dalam kesempatan itu, PKK Kota Semarang yang diwakili Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, meraih penghargaan Pakarti Utama I Tingkat Nasional kategori Pelaksana Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK untuk kategori Kota.

Dalam rilis Humas dan Protokol Setda Kota Semarang, Rabu (4/10), disebutkan bahwa berbagai inovasi, kreativitas dan program-program kegiatan yang dilaksanakan PKK Kota Semarang di dalam membantu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat berbuah manis dengan diraihnya penghargaan tersebut.

Raihan prestasi ini tidak lepas dari kinerja PKK Kota Semarang khususnya dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga yang dinilai sangat baik.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh PKK Kota Semarang di bidang UP2K di antaranya membentuk Warung Hebat, Sekar Arum hebat, membantu pengrajin Batik Semarangan, membentuk Koperasi Wanita Berbadan Hukum “Sekar Arum” hingga membuat rintisan sentra-sentra makanan dan kerajinan di kelompok UP2K PKK yang bekerja sama dengan Dinas Perindustrian serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang.

Usai menerima penghargaan, Tia sapaan Krisseptiana, mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader PKK yang ada di Kota Semarang. “Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras PKK, Pemerintah Kota Semarang dan seluruh warga masyarakat. Tentunya, ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus motivasi bagi seluruh kader PKK dan warga masyarakat Kota Semarang untuk terus bersinergi bersama-sama meningkatkan kesejahteraan,” ungkap istri Walikota Semarang tersebut.

“PKK Kota Semarang sudah on the right track, dan penghargaan ini bukan menjadi tujuan akhir, melainkan sebagai pelecut semangat seluruh kader PKK untuk terus berinovasi, berkreasi membangun masyarakat Kota Semarang yang semakin sejahtera,” imbuhnya.

Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK dan Jambore Nasional dilaksanakan pada tanggal 2-4 Oktober 2017 yang diikuti 1.700 kader PKK. Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo turut hadir dalam pembukaan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK 2017.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo meminta seluruh kader PKK untuk dapat membantu tumbuh kembang anak sejak dini baik fisik maupun verbal.

“Tahun 2020, 2025, 2030, Indonesia dihadapkan dengan jumlah usia produktif yang sangat besar 60-75 persen, yang artinya kita punya kekuatan dan kesempatan menggerakkan perekonomian. Untuk itu, saya minta seluruh kader PKK yang ada di Indonesia agar membantu mempersiapkan tumbuh kembang anak-anak agar mereka tumbuh baik, tanpa ada kekerasan,” ujarnya saat membuka acara.

Presiden Joko Widodo juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas hidup dengan memperhatikan gizi, pendidikan dan kesehatan anak-anak.

“Tumbuhkan pola hidup sehat dengan memperhatikan gizi terutama bagi ibu hamil, nifas dan ibu menyusui. Keluarga adalah tiang negara dan kader PKK di seluruh Indonesia, bertugas sebagai pemandu jalan dan penggerak untuk mempersiapkan generasi yang unggul,” katanya.

Dalam acara tersebut, istri Wakil Gubernur Provinsi Jateng, Heru Sudarli Sudjatmoko, menerima penghargaan Adhi Bhakti atas masa bhakti 35 tahun berkiprah memajukan PKK. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top