GAYA HIDUP

Secercah Harapan untuk Diabetic Neuropati

Sensasi tertusuk benda tajam pada bagian kaki dan tangan adalah salah satu ciri yang ditunjukan oleh penderita diabetes. Kondisi bernama diabetic neuropati ini sendiri terjadi pada satu dari empat penderita penyakit gula itu.

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini belum ada satupun obat yang diperuntukan untuk mengatasi penderitaan yang dirasakan penderita diabetes tipe 2 ini. Untungnya, para peneliti dari King’s College London berhasil mengidentitikasi penyebabnya sensasi ini.

Namun ironisnya, HCN2 nama protein itu, adalah protein penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara normal. Karena itu, penting bagi para peneliti untuk menemukan cara mencegah aktifitas protein ini tanpa menyebabkan efek sampingan.

“Saat ini kami belum memiliki obat yang dapat menahan aktifitas HCN2 tanpa mempengaruhi fungsi tubuh lain seperti fungsinya untuk meregulasi detak jantung,” kata lead author Dr. Christoforos Tsantoulas, dari Wolfson Centre for Age-Related Diseases seperti dikutip dari Express.co.uk.

“Temuan ini menyediakan stimulus bagi pengembangan obat pencegah rasa sakit yang dapat menahan HCN2 tanpa mempengaruhi aktifitas molekul lain.”

Defisiensi HCN2, menurut National Center for Biotechnology Information disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya epilepsi pada manusia.

Para peneliti yang terlibat pun berharap agar temuan yang dirilis pada Science Translational Medicine ini dapat menjadi titik cerah dari ditemukannya obat untuk mengatasi diabetic neuropati.(ruf)

Loading...

BERITA POPULER

To Top