KILAS DAERAH

Salatiga Layak Jadi Model Percontohan Pendidikan Kebhinnekaan

KILASJATENG.COM, SALATIGA – Kota Salatiga mempunyai potensi besar sebagai model penguatan pengembangan pendidikan kebhinekaan. Pendidikan ini sangat penting, mengingat di Indonesia sangat beragam yaitu memiliki 1.340 suku bangsa, 750 bahasa daerah maupun ada 6 agama dan kepercayaan.

Demikian hal itu diungkapkan oleh Peneliti Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Puslitjakdikbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Nur Berlian Vennus Ali di Gedung Setda Pemerintah Kota Salatiga, kemarin.

“Di Indonesia ini ada 1.340 suku bangsa, 750 bahasa daerah maupun 6 agama dan kepercayaan. Keberagaman ini menjadi potensi besar apabila dikelola dengan baik dan akan menjadi ancaman bahkan pemicu konflik jika tidak dikelola dengan baik. Khususnya Kota Salatiga yang telah mendapat predikat Indonesia Mini dan Kota Toleran, maka cocok menjadi model percontohan pendidikan kebhinnekaan,” katanya.

Sementara itu Walikota Salatiga Yuliyanto menyatakan, bahwa pihaknya merasa bangga atas predikat tersebut. Di Salatiga ada 39 etnis, 6 agama dan kepercayaan.

Dari sini, Salatiga mempunyai potensi kebhinnekaan yang sangat tinggi Salatiga boleh dibilang kota yang istimewa.

“Kami di Salatiga ini sudah terbiasa melihat perbedaan dan sudah biasa pula hidup berdampingan. Contoh nyata, pada saat bulan puasa dimana ada gereja yang menyediakan buka puasa bersama. Sebaliknya, saat perayaan natal ada ormas Islam yang ikut menjaga ketertiban dan keamanan saat ibadah dan perayaan Natal,” ujarnya. (Her)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top