KILAS SEMARANG

Walikota Hendi Semangati Ribuan Mahasiswa Peserta Bela Negara

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Walikota Semarang Hendrar Prihadi semangati 6.500 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang akan mengikuti pendidikan bela negara di Ridam IV Diponegoro Magelang, selama 10 tahapan mulai tanggal 8 September-12 November 2017.

Sebelum pelepasan rombongan tahap pertama, digelar upacara yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Direktur Kemahasiswaan Menristekdikti Didi Wahidin dan Rektor Unnes Fathur Rokhman.

Mengawali sambutannya, Walikota Hendrar Prihadi mengutip pesan bijak Bung Karno.

“Jangan pernah menghitung apa yang sudah engkau berikan buat negara ini terutama pada saat kita melakukan pengorbanan dan pengabdian kepada bangsa kita ini”.

Menurutnya, saat ini bangsa Indonesia butuh banyak tangan untuk menjadikan bangsa Indonesia semakin hebat dan salah satu tangan tersebut adalah para mahasiswa Unnes.

”Jadikanlah kawah candradimuka selama 3 bulan ini bukan sebagai kegiatan yang menyiksa, tetapi menjadi kegiatan positif dimana ini bisa memantapkan semangat nasionalisme terutama untuk melakukan sesuatu yang terbaik buat bangsa dan negara,” katanya.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi ini melanjutkan, bahwa persoalan ideologi, persoalan perbedaan, dan persoalan-persoalan lain yang seharusnya sudah hilang puluhan tahun lalu kini menjadi tugas mahasiswa.

”Tugas untuk berani tegas menolak dan menghalangi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, supaya tidak berani lagi menggoda kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo mengatakan, bahwa bela negara merupakan program prioritas dari Pemerintah. Kemendikti telah bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan Kemenhan, dimana para mahasiswa tidak hanya dituntut untuk meningkatkan kualitas belajarnya saja, tetapi juga bela negara.

”Setiap mahasiswa tidak hanya KKN saja, namun harus mampu menjabarkan nilai-nilai Pancasila, mampu mempertahankan NKRI, dan memahami bahwa NKRI itu adalah Negara yang majemuk,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo juga memberikan apresiasi kepada Unnes atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan bela negara. Pihaknya juga berharap, kegiatan tersebut bisa diikuti perguruan tinggi lainnya di Indonesia. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top