KILAS SEMARANG

Antisipasi Solidaritas Rohingya di Candi Borobudur, Polda Jateng Tetapkan Siaga 1

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Kepolisian Daerah Jateng menetapkan status siaga 1 berkaitan dengan rencana aksi massa bela Rohingya yang akan digelar di kawasan Candi Borobudur Magelang pada Jumat, 8 September 2017.

Hal itu dikemukakan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono seusai rapat koordinasi yang digelar di aula kantor Ditlantas Polda Jateng, Jalan Pahlawan, Selasa (5/9), terkait rencana aksi bela Rohingya.

Rapat koordinasi juga dihadiri Asops Kapolri Irjen Pol M Iriawan, Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad, Wakapolda Jateng Brigjen Pol Indrajit dan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Awan Samodra.

“Polda Jateng siaga 1 mulai Kamis, Jumat dan Sabtu. Daerah perbatasan, serta ring 1 dan 2 kawasan Candi Borobudur akan disterilkan dari aksi massa,” katanya.

Ia menegaskan, siaga 1 diterapkan untuk menjaga kawasan Candi Borobudur dari aksi massa agar tidak masuk ke kawasan kompleks candi yang telah dinyatakan sebagai obyek vital itu.

“Candi Borobudur merupakan situs dunia dan candi terbesar di dunia serta objek vital nasional yang harus kita amankan. Aksi massa di Candi Borobudur tetap tidak diizinkan,” tegasnya.

Menurutnya, status siaga 1 diimbangi dengan pengerahan 22 satuan setingkat kompi (SSK) dari Polri atau setara 2.200 personel dan 3 SSK pasukan dari TNI guna melakukan penjagaan berlapis untuk memastikan kawasan Candi Borobudur steril dari aksi.

“Saat ini Polda Jateng akan menyiapkan kekuatan 22 SSK, dengan tambahan dari teman-teman TNI 3 SSK. Jadi total pengamanan yang disiapkan sebanyak 25 SSK atau sekitar 2.500 personel,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asops Kapolri Irjen Pol M Iriawan menyatakan, bahwa pihaknya juga telah menyiapkan pasukan cadangan sebanyak 5 SSK dari markas Brimob Kelapa Dua, Depok.

“Pasukan cadangan sudah disiapkan, mudah-mudahan tak ada gejolak. Kami minta anggota ormas atau masyarakat kelompok lain mengurungkan aksi di kawasan Candi Borobudur dan mengganti aksi damai di daerah masing-masing,” katanya. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top