KILAS DAERAH

Puluhan Group Dayung Ikuti Lomba di Sungai Tuntang

KILASJATENG.COM, Ungaran – Puluhan group dayung berlomba dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Dusun Sumurup, Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Minggu (27/8).

Selain lomba dayung, digelar pula lomba titian bambu, memasukkan pensil dalam botol, cantol caping, memakai celana di atas perahu dan parade perahu hias.

Debby Nadila P selaku panitia lomba mengatakan, bahwa acara lomba dayung ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka agustusan. Sedangkan untuk lomba titian bambu baru digelar beberapa tahun ini, para peserta di uji ketangkasan menjaga keseimbangan untuk mengambil kantong hadiah yang di gantung dan hadiah utama berada diujung bambu tersebut.

“Uniknya dalam ajang lomba ini, semua peserta yang mengikuti harus bisa berenang dan minimal berusia 7 tahun khusus untuk anak-anak. Sementara untuk dewasa usianya tidak dibatasi. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Karang Taruna Bina Remaja Bersatu, Dusun Sumurup,” katanya.

Ia menyebutkan, bahwa lomba tersebut sengaja digelar di aliran Sungai Tuntang yang melintasi wilayah Dusun Sumurup. Selain bertujuan menjadi daya tarik masyarakat yang menyaksikannya, juga agar masyarakat tertarik untuk berwisata di kawasan Rawa Pening.

“Lomba dayung ini banyak menguntungkan masyarakat Sumurup, pasalnya penonton yang datang bukan hanya dari wilayah Tuntang saja, namun dari luar Tuntang bahkan luar Kabupaten Semarang. Dari sini, dagangan yang dijual masyarakat laku dan mendatangkan penghasilan,” ujarnya.

Sementara pengunjung asal Boyolali bernama Kusumaningrum Pratiwi mengatakan, bahwa dirinya baru pertama kali menonton lomba dayung di Dusun Sumurup itu.

Melihat antusias peserta lomba, menurutnya, lomba tersebut dapat diagendakan untuk skala yang lebih luas lagi. Misalkan saja, lomba semacam ini dilaksanakan oleh Pemkab Semarang dan pesertanya dari perwakilan masing-masing kecamatan.

“Saya dan keluarga sengaja datang dari Boyolali untuk menonton lomba dayung, ternyata sangat unik dan banyak pengunjung yang datang. Mungkin saja Pemkab Semarang dapat mengagendakan lomba dayung ini dan pesertanya dari perwakilan masing-masing kecamatan, dijamin akan semakin ramai dan banyak pengunjung yang datang,” katanya. (Her)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top