TEKNO

Microsoft Paint Akan Dihapus dari Windows 10

Meski belum secara resmi diumumkan ke publik, seperti dimuat The Guardian, Microsoft Paint dipastikan akan menghilang dalam pembaruan Windows 10 berikutnya dari Microsoft, yang disebut dengan pembaruan Autumn.

Ini jelas mengagetkan, sebab aplikasi Microsoft Paint sudah puluhan tahun eksis di Windows. Banyak pula yang setia menggunakan aplikasi ini di tengah maraknya aplikasi modern.

Versi awal aplikasi Microsoft Paint dirilis pada Windows 1.0 pada tahun 1985 lalu. Aplikasi tersebut kemudian menjadi editor grafis pertama yang digunakan oleh banyak orang dan menjadi bagian inti Windows.

Mulai rilis dengan versi sederhana, yakni monokrom 1-bit dari Kuas PC ZSoft. Aplikasi tersebut tidak bisa menyimpan gambar dengan versi JPEG hingga Windows 98.

Sebelum tahun 1998, Paint terbatas pada format bitmap (BMP) dan PCX.

Versi Paint terbaru untuk Windows 7 jauh lebih baik, namun masih dianggap fitur yang buruk dibandingkan dengan alternatif gratis lainnya seperti Paint.NET.

Namun pembaruan Windows 10 yang dirilis pada bulan April, Microsoft memperkenalkan Paint 3D baru, yang dipasang di samping Paint tradisional dan dilengkapi alat pembuatan gambar 3D serta beberapa pengeditan gambar dasar 2D. Namun, aplikasi itu bukanlah pembaruan dari Paint asli dan tidak berperilaku seperti aplikasi Paint yang ada.

Pada akhirnya, pengguna Windows harus mengucapkan salam perpisahan kepada Microsoft Paint, sembari menunggu pengumuman secara resmi dari Microsoft. (fjr)

Loading...

BERITA POPULER

To Top