RAGAM

Pemburu Harta Karun Temukan Emas Rp 1,7 Triliun Milik Nazi

Pemburu harta karun Inggris, Advanced Marine Services, berhasil menemukan sebuah peti misterius yang ditengarai berisi emas senilai 100 juta poundsterling, atau sekitar Rp 1,7 triliun milik Nazi.

Peti tersebut ditemukan di dalam ruang pos kapal barang SS Minden yang karam di dasar Samudera Atlantik di dekat Islandia.

Diduga, kapal tersebut mengangkut emas dari bank-bank di Amerika Selatan menuju Jerman sebelum karam pada September 1939 silam. Ditengarai peti-peti yang diangkut SS Minden berisi total empat ton logam mulia.

Dilansir dari The Sun, Senin (24/7), Advance marine Services ingin membawa pulang harta karun itu ke Negeri Ratu Elizabeth. Mereka juga menyatakan, isi dari peti-peti yang ditemukan adalah milik si penemu.

Kini, perusahaan asal Inggris itu tengah mengajukan permohonan izin ke pemerintah Islandia untuk memotong lubang lambung kapal dan mengeluarkan peti.

Sebelumnya, aktivitas awak Seabed Constructor untuk mengambil harta karun di SS Minden dihentikan oleh Polisi Pantai Islandia, April lalu, lantaran tidak memiliki izin.

SS Minden meninggalkan Brasil lima hari usai PD II pecah, tepatnya 6 September 1939. Dalam perjalanan, kapal itu dicegat oleh kapal Angkatan Laut Inggris, HMS Calypso, 24 September 1939. Namun, kapal tersebut ditenggelamkan oleh krunya sendiri agar tidak tertangkap.

Para awak kapal diselamatkan oleh HMS Dunedin dan dibawa ke pangkalan Angkatan Laut Inggris. (fjr)

Loading...

BERITA POPULER

To Top