RAGAM

Cara Mengatasi Masalah dan Membuatnya Jadi Positf

Tahukah Anda bahwa ada begitu banyak teknik psikologi di luar sana yang bisa Anda pelajari untuk membuat diri Anda menjadi sosok yang lebih bahagia?

Ya, ternyata untuk merasakan kebahagiaan dapat Anda mulai dengan mempelajari bagaimana cara kerja otak terhadap mood Anda. Beberapa teknik dari para ahli saraf di bawah ini contohnya:

1. Belajar mengucapakan “terima kasih”
Ketika kita mengucapkan terima kasih kepada seseorang atau bersukur akan sesuatu, hal ini membuat kita menjadi orang yang positif. Ingatan yang menyenangkan dapat memicu produksi hormon serotonin (hormon bahagia) pada anterior cingulate cortex. Teknik ini sendiri sering digunakan ahli saraf untuk mengatasi depresi.

2. Mengatasi masalah satu persatu
Otak kita tidak pernah berhenti mencari solusi atas masalah yang sedang kita hadapi. Namun jika tidak terselesaikan, maka otak akan menjadi lelah dan menyebabkan perasaan gelisah dan iritasi. Namun ketika Anda berhasil menemukan solusi atas masalah Anda, otak akan memberikan “reward” berupa neurotransmiiter yang berfungsi menenangkan sistem limbik, membuat seolah dunia Anda kembali ceria. Sebab itu penting untuk menyelesaikan masalah satu persatu.

3. Jangan simpan sendiri masalah Anda
Emosi negatif tidak akan membuat hari Anda menjadi lebih baik, karena itu jangan pernah pendam permasalahan yang sedang mendera anda. Ceritakan masalah Anda pada orang yang bisa menjadi pendengar yang baik. Setiap Anda bercerita, otak akan memicu produksi serotonin dan membantu Anda melihat permasalahan dari sisi yang positif.

4. Sentuhan dan pelukan
Bagi manusia, interaksi sesama manusia amatlah penting. Berbagai dukungan fisik, khususnya sentuhan dan pelukan, dapat mempercepat pemulihan seseorang setelah sakit. Tidak atau kurang mendapatkan sentuhan dari orang ternyata dapat mengaktifasi zona otak tertentu yang bertanggungjawab atas terbentuknya depresi.

(ruf)

Loading...

BERITA POPULER

To Top