KILAS SEMARANG

Kolaborasi Produk Lokal, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Guna menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap produk lokal Indonesia, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) menggelar kegiatan Kolaborasi Produk Lokal.

Kegiatan yang mengusung tema “Aku Lokal” ini diselenggarakan di Taman Srigunting Kota Lama Semarang, Sabtu (8/7).

Ketua kegiatan Hatmanti Puri W mengatakan, acara ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mencintai produk lokal Indonesia dan menumbuhkan semangat para kawula muda untuk berkarya dalam hal yang positif.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan produk lokal serta menggugah minat beli masyarakat terhadap produk lokal Indonesia,” katanya,” kemarin.

Selain pameran, lanjut dia, untuk memperkenalkan produk lokal tersebut, dalam kegiatan ini juga diselenggarakan fashion show dimana para model menggunakan barang-barang lokal.

“Salah satunya adalah tas rajut dari Titoet Bag yang merupakan produksi Ibu Sri Murdiastuti warga Candi Kalasan Selatan, Semarang,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Universitas Semarang menggandeng 6 brand lokal asal Kota Semarang, yaitu Titoet Bag (tas rajut), bross murah cantik (aksesoris bross).

Selain itu, Sinta Craft (kerajinan tangan sulam pita – tas, dompet), Ikikuwi Shop (oleh-oleh khas Semarangan – tas, kaos, gantungan kunci), kerajinan kulit Susilo (gelang kulit, gantungan kunci) dan Lamanda Handmade (sepatu, tas, dompet, wedges).

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Tommy Yarmawan Said mengatakan, kualitas dari produk lokal sebenarnya tidak kalah dengan produk luar negeri.

“Asal kita bisa mengembangkan produk lokal, maka brand lokal kita juga akan sekelas dengan brand dari luar. Kita harus semangat dalam mengembangkan produk lokal Indonesia dan juga harus bangga menggunakan produk dari negeri kita sendiri,” katanya.

Salah satu pengunjung, Fahrezi Bayu mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Kolaborasi Produk Lokal ini.

“Kegiatan ini sangat menarik serta mengajarkan kita untuk menggunakan dan bangga terhadap produk lokal Indonesia,” katanya. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top